Kecewa Dengan Pelayanan Inholidays Tour

Posted on 28 August, 2011

2



Di awal ramadhan, saya berencana untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga inti (orang tua, saudara, dan keponakan). Setelah browsing2, akhirnya kami memutuskan untuk ke pulau tidung. Banyak yang menawarkan paket wisata ke sana, namun akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke tawaran paket wisata dari Inholidays Tours yang beralamat di Cimahi-Bandung. Walaupun dihitung2 harga per orangnya lebih mahal, tapi sudah termasuk transportasi antar jemput dari dan ke rumah kami di Bandung. Apalagi pemilik Inholidays Tour ini adalah sahabat saya.

Itinerary dan biaya disepakati, saya pun langsung membayar penuh, karena saya sangat percaya dengan sahabat saya ini, dan untuk memastikan ketersediaan akomodasi & transportasi yang biasanya akan sulit diperoleh di hari-hari libur lebaran.

Hari-hari berikutnya, kami sekeluarga ramai membicarakan acara di pulau tidung nanti. Maklum, ini pertama kalinya kami bisa berlibur bersama. Biasanya sulit sekali kami berkumpul bersama /menyamakan jadwal liburan karena kesibukan pekerjaan ataupun hambatan-hambatan lain.

Pada hari Jum’at, 26 Agustus, atau tepat seminggu sebelum keberangkatan ke Pulau Tidung, tiba2 pihak Inholidays Tour (sahabat saya) membatalkan acara ke Pulau Tidung secara sepihak. Alasannya adalah TIDAK ADA kendaraan untuk antar jemput kami dari Bandung-Muara Angke. Sungguh alasan yang tidak masuk akal. Bukankah kami sudah membayar penuh dan jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan transportasi?

Keberatan-keberatan kami sampaikan. Namun pihak inholidays tour tetap tidak menyanggupi. Memang kami dijanjikan bahwa uang akan dikembalikan penuh tanpa dipotong sepeser pun. Namun kerugian yang kami alami bukanlah uang. Di waktu yang sudah sangat mepet ini, amat sulit untuk mencari pengganti dengan biaya yang terjangkau.
Ngeteng transportasi dari bandung ke muara angke pun hampir mustahil dilakukan mengingat kami berangkat sekeluarga, dan orang tua kami yang sudah uzur.
Menggeser waktu menjadi setelah libur lebaran pun tidak mungkin karena kesibukan dari masing-masing anggota keluarga.

Sungguh kami sangat kecewa dengan Inholidays Tour. Yang lebih menyakitkan lagi adalah hilangnya kepercayaan saya terhadap seseorang yang telah bertahun2 menjadi sahabat saya.

Demikian surat terbuka dari saya ini dibuat, bukan untuk menjelek-jelek kan pihak Inholidays Tour, tapi sebagai pembelajaran bagi kita semua, bahwa ternyata konsumen masih pada pihak yang lemah dan kerap dirugikan, dan ternyata hubungan persahabatan pun ternyata bukan jaminan.

Bagi teman2 yang mempunyai solusi untuk wisata ke Pulau Tidung, terutama transportasi Bandung-Muara Angke pp dengan harga ekonomis pada tanggal 2-4 September untuk 7 orang bisa menghubungi saya.

Trims

Insan

Posted in: adventure