A Little Paradise Called Sembalun

Posted on 3 January, 2012

1



Happy New Year 2012 kid🙂

I Just Heard from your mother, that you’ve been to Lombok several times. Hmm.. I’m sure your when your Granpa became a Project Manager for one of Power Plant Project here.

Udah pernah kemana aja? Mataram? Pura Narmada? Kuta? Senggigi? Gili Trawangan? Hope someday we explore Lombok together yaa.. ^_^

Untuk perayaan tahun baru 2012, aku dan teman-teman memilih dataran tinggi sembalun. Padahal, baru minggu sebelumnya kami berkunjung dan menginap disana. Ya, lembah sembalun yang berada pada ketinggian 1150mdpl yang dikelilingi deretan gunung2 berhawa sejuk dengan pemandangan yang menakjubkan membuat kami ingin kembali menikmatinya. Tambahan lagi, suasana desa yang tenang, dan tidak berorientasi turis membuat kami nyaman menjelajah. Berbeda dengan Senaru, pintu gerbang pendakian gunung Rinjani yang lebih terkenal di mata turis, sembalun hanya memiliki beberapa penginapan, dan sedikit tempat makan. Kalau di Senaru, tiap saat bisa liat bule hilir mudik, guide-guide lokal yang menawarkan jasa hiking ke Rinjani, dan harga makanan yang sudah diatas normal, di Sembalun, suasana sangat lengang. Kami hanya pernah bertemu sepasang bule asal Swedia saat makan di rumah makan Mentagi. Rumah makan lokal dengan harga yang sangat bersahabat : cukup 10rb rupiah untuk sepiring nasi campur.

Photobucket

(foto rumah makan mentagi)

Untuk mencapai Sembalun dari Mataram cukup mudah. Kami menyukai jalur ini :

    • Berangkat : Mataram – Senggigi – Tanjung – pertigaan Senaru – Bayan -Sembalun
    • Pulang : Sembalun -Aikmel – Paokmotong – Mataram.

Photobucket

Dengan jalur ini, kami bisa menikmati indahnya pantai, dan tanjakan ke Sembalun nya tidak terlalu curam. Pulangnya tinggal ngerem terus sampe aikmel. hehehe..

Penginapan di Sembalun harganya cukup terjangkau, dari 100ribu – 275rb per kamar per malam, Biasanya pihak pengelola penginapan tidak menyediakan makan / minum. Jadi siapkan logistik kalo berniat menginap disana.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Activities :

Di sembalun bisa ngapain aja sih?

    • Main bola. Yaa.. ada lapangan bola dengan latar pegunungan yang indaah sekali. Dijamin yang main disini ga konsen main bola nya, dan malah asik foto-foto.. hahaha..
    • Hiking & foto-foto di seputar trek pendakian rinjani

Foto-foto

Photobucket

Hiking

hiking

Menikmati Sunrise

menatap sunrise

Maen Dengan Sapi

Photobucket

    • Mengunjungi Desa Adat (Desa Wisata), dan tidak lama lagi, bisa nyobain nginep di rumah adat suku Sasak yang lantainya terbuat dari campuran tanah dan kotoran sapi.. (hiiiii..)

Pintu Gerbang Desa

Photobucket

Di Desa

Photobucket

Keren Ada Parabola

Photobucket

Photobucket

    • Sepedaan, ya ini sih obsesi aku. Melihat banyak single trek bertebaran di sekitar sembalun bikin ngiler! Nantikan report gowes Sembalun yaa..

Gowes di Sembalun bisa diliat tulisanku ini : Gowes Sembalun (kaki Gunung Rinjani) feat LFXC-ANTV

Posted in: adventure, traveling