3 GoPro, 19 bikers, 1 Trek Senaru : Gowes Yang Menyenangkan

Posted on 23 February, 2012

7



Kid, hari minggu (19 Februari 2012) kemarin, aku dan teman-teman LFXC (Lombok Fun XC Club) gowes di Senaru, Kaki Gunung Rinjani, Pulau Lombok.
Ini pengalamanku yang ke dua setelah 3 bulan lalu gowes di Trek ini sama2 Titi dan teman2 lain. Sebenarnya aku ingin menjajal trek ini menggunakan Adrenaline Agent AM, namun insiden kecil saat menuruni Trek Bengkaung beberapa hari lalu telah menyebabkan spoke roda belakang putus, RD XT patah, dan RD hanger bengkok, sehingga aku terpaksa kembali menggunakan Thrill DJ 2.

Trek offroad Senaru ini lumayan menantang. Terbentang sepanjang 12km mulai dari Pos Pendakian Senaru di ketinggian 600mpl hingga Desa Anyar di pinggir pantai lombok pada ketinggian 50mdpl. 90 persen jalanan menurun, sisanya nanjak. Kondisi trek yang sebagian merupakan jalan kampung yang rusak parah penuh batu, legokan2 karena jalan tergerus air hujan, dan turunan semen yang sudah penuh lumut membuat trek ini cukup menantang.

Malam sebelumnya, tumben-tumbenan aku sulit tidur. Setelah mempersiapkan perlengkapan gowes seperti : pompa ban, pompa shock, toolkit, tambal tool, ban dalam cadangan, baju ganti, kamera GoPro, helm, protektor, kacamata, buff, dll, aku masih saja melek sampe jam 2. Mungkin penyebabnya adalah karena kabarnya gowes kali ini akan diliput oleh sebuah media tivi… hehehe

Untuk mencapai Senaru, kami beruntung mendapat pinjaman bus dari Dikpora NTB, untuk membawa peserta, dan pickup untuk membawa sepeda. Sehingga minggu pagi, kami berangkat dari halaman kantor Dikpora setelah proses loading sepeda yang cukup memakan waktu. Sebenarnya, jalan ke Senaru akan lebih cepat bila melewati jalur Pusuk, namun @infolombok di twitter mengabarkan bahwa semalam telah terjadi longsor di daerah Pusuk, sehingga disarankan melewati jalur Senggigi yang lebih jauh.

Sekitar pukul 9 kami sampai di daerah Kampung Bayan, Senaru, dan setelah unloading sepeda, pemanasan dan persiapan lain, kami mulai mengayuh sepeda menanjak sekitar 500meter ke arah pos pendakian Senaru, tempat pintu masuk Trek offroad Senaru ini berada.

Yang menyenangkan, trip XC kali ini benar-bener diliput oleh media : TVRI Lombok. Wah siap-siap jadi artis nih. Sayangnya bukan TV Nasional ya. Selain itu, aku dan 2 teman lain memasang kamera Go Pro HD Hero di helm masing-masing. Jadi gowes kali ini aku bukan cuma bertugas sebagai tukang pelem, tapi juga tukang action… hahahaha…

Baru juga menuruni trek sejauh 500an meter, aku sudah nyusruk ke semak-semak di pinggir jalan. Penyebabnya ada 2: (1) hilang keseimbangan saat melewati drop off, dan (2) rem kurang pakem karena kena silikon pengilap ban saat bersih2 sepeda kemarin… hiks.. hiks.. Untungnya saat itu posisiku jauh di depan, jauh dari jangkauan kamera-kamera perekam barbuk.. hihihi…

Perjalanan menurun kali ini jauh lebih lambat dibanding saat pertama aku menjajal trek ini. Kondisi trek yang basah dan licin, ditambah sebagian peserta adalah penggowes pemula adalah penyebabnya. Penyebab lainnya, kami harus menunggu crew TVRI yang meliput gowes ini. Mereka mengikuti kami dengan menggunakan motor. Dan karena kondisi jalan yang sangat licin + rusak, mereka hanya dapat melaju perlahan-lahan. Jadi kami berkali-kali berhenti untuk memberi kesempatan pada mereka untuk menyusul kami, mencari posisi yang bagus untuk syuting, baru kami melaju lagi di turunan. Begituuu terus sepanjang 12kilo perjalanan. Makanya perjalanan baru bisa diselesaikan dalam waktu 3 jam. capedeeeee…Padahal saat pertama ke trek ini, hanya dibutuhkan waktu 30an menit untuk melewatinya.

Memang banyak kendala yang dialami : beberapa peserta terjatuh, 1 peserta putus rante, dan 1 peserta (aku) bocor ban di akhir trek. hehehe.. BOCOR LAGIIII…!!!! ada apa dengan ban belakang sepedaku ya?

Mau liat rekaman video GoPro nya? Silakan liat di link youtube berikut ini. Beruntung salah seorang teman kami jagoan edit video… Tks ANto!!! Sayangnya kejadian saya jatuh ditampilkan di akhir film… hiks… Enjoy.

Psstt.. Tertarik untuk menjajal trek ini, atau ingin sepedaan offroad di Lombok? aku dan teman-teman siap membantu. Just let me know ya.. ^_^

Posted in: adventure, gowes