Bandung Padam di Malam Tahun Baru 2012

Posted on 4 January, 2013

4



Tulisan ini terinspirasi dari kejadian padamnya listrik di sebagian kota Bandung akibat salah satu Gardu di Cigereleng terbakar di malam tahun baru 2012.

Kronologis
(ini mah kronologis dari sisi aku sebagai pelanggan PLN ya, kalo kronologis kebakaran gardu mah biar Tuhan dan pihak internal PLN yang tau.. xixixi..) :

Waktu kejadian : 31 Desember 2012
waktu dalam WIB, dan waktu standar militer (tanpa titik dua karena males ngetiknya)
tekape di Rumah Orang Tua Tercinta di Bandung.
Waktu ditampilkan berdasarkan record BBM dan twitter, bila ada kesalahan waktu, ya salahkan mereka saja, Ok?

twitteran dengan @pln_123 di malam tahun baru 2012

twitteran dengan @pln_123 di malam tahun baru 2012

2020
Lagi asik-asik ngobrol curcol ngalor ngidul sama Ibunda dan Adik tercinta setelah sholat isya. Aktivitas langka karena aku yang jarang ada di Bandung, dan adikku yang sibuk kerja.. eiits.. ngelantur. Lanjut ah.

20:25
Mati lampu. Setelah kasak kusuk nyari emergency lamp, buka twitter. Didapat info kalo Gardu di Moh. Toha Bandung kebakaran. Segera kukirim pesan via BBM ke salah satu teman yang kebetulan manajer UPJ di daerah kopo, sebut saja namanya Bang Y

BBM

2029
@akangichan : Gardu moh toha termasuk wilayah kerjamu kah? Minta info singkat padat jelas buat kuteruskan ke yang lain #rumahku juga padam nih.

2031
bang Y : GI Cigereleng terbakar, bandung raya padam, kantor juga padam sekarang sedang pemulihan

2031
@akangichan : estimasi waktu?

2034
bang Y : Just wait, InterBase Transformer (IBT) GI Cigereleng 1 150 /70 60 MVA terbakar. IBT 2 dipadamkan untuk pengamanan. Info lain menyusul

2039
@akangichan : oke, gw broadcast ya

2040
bang Y : Sip, tapi tolong komunikasinya menenangkan pelanggan, sudah dalam proses pemulihan ya, tks

2042
@akangichan broadcast BBM : info buat temen2 bandung yang kena padam : Trafo Tenaga Cigereleng Unit 1 terbakar, unit lain dipadamkan untuk pengamanan. Petugas PLN sedang melakukan pemulihan secepatnya agar semua bisa taun baruan dengan tenang (termasuk petugas PLN nya). Harap sabar ya. (grin)

2043
Bang Y : GI dari bandung timur termasuk rumahmu bentar lagi nyala, lagi dimasukan manual

2047
@akangichan : Padasuka udah nyala (joget-joget)

2049
@akangichan broadcast BBM : Bandung timur udah dinyalain sm PLN, rumah ane di Padasuka udah nyala. Alhamdulillah.😀. Yang masih mati lampu sabar yaa O:)

<Kesimpulan : Padam Listrik selama 24 menit ^_^

diantara BBM an sama Bang Y, banyak juga temen2 di Bandung yang lapor dan nanya. Ternyata, kerusakan di GI Cigereleng (Bandung Selatan) bisa bikin pemadaman tersebar di Kota Bandung. Tercatat dari Laporan BBM dan Twitter, daerah Padasuka, Jatihandap, sebagian Ujung Berung, Sebagian Setiabudi, Sebagian Cimahi (Nanjung), Sebagian Moh. Toha, Kopo.

Di twitter lebih seru, begitu listrik padam, saya langsung mention @pln_123, dilanjut ngetwit dan retwit keluhan temen2 ke @pln_123, berikut sebagian twit nya :

catatan : twit sudah disunting sehingga dibaca twit lama ada di atas, bukan dibawah seperti aslinya ^_^

@akangichan
@infobdg @pln_123 di pasirlayung-padasuka Bandung mati lampu. Mohon penanganan segera! Taun baruan yeuh! #PLNcarecc:@ahmadfauzyhr

@pln_123
@akangichan Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, padam sjak pkl brp?utk byk rmh/1 rmh saja?dpt dibantu almt (jln,wilayah) & no tlp? (hsy)

@akangichan
@infobdg @pln_123 di pasirlayung-padasuka Bandung mati lampu. Mohon penanganan segera! Taun baruan yeuh! #PLNcare cc:@ahmadfauzyhr

@akangichan
@pln_123 baru aja. Kompleks pasirlayung mati. 7200567. Info lagi : nanjung cimahi mati, kopo margahayu permai mati. Dicek ya #PLNcare

@akangichan
@pln_123 ini di kopo RT @mametothegreat: Emang PLN yg paling tau kapan harus pemadaman listirk..bagoooosssss bangke..

@mametothegreat
Nuhun k’insan..RT @akangichan: @pln_123 ini di kopo RT @mametothegreat: Emang PLN yg paling tau kapan harus … http://m.tmi.me/EuThu

@akangichan
@pln_123 ini di bumi asri 3 cimuncang bandung RT @ari_andriana: malam tahun baru = hujan + mati listrik

@akangichan
@pln_123 ini di nanjung cimahi RT @els_nd: Eehhhh mati listriknya….bukan romantis pake lilin, tp gelappppp :p

@akangichan
Engga. Padasuka,kopo, cimahi. Ada yg lain? RT @els_nd: gelap merata kah? RT @akangichan: @pln_123 ini di … http://m.tmi.me/EuUEK

@akangichan
@infobdg Info smntr : Gardu Induk Cigereleng terbakar, sebagian bandung raya padam, petugas sedang berupaya pemulihan sistem. #PLNcare

@akangichan
Posisi dimana bray? RT @Rekabohay: @akangichan @pln_123 sami kang, di bumi abi ge pareum listrik… poek pisyaaan…

@akangichan
(Gardu) Trafo Tenaga Cigereleng terbakar. Sekarang sedang pemulihan oleh petugas. Padasuka bandung udah nyala. Tks teman2 #PLNcare

Sumpah, bolak balik nge-bmm, broadcast, nge-twit, retweet itu ternyata cape ya. Untuk kegiatan ini, batere torch ku sampe abis 30% lho.

Tapi kayaknya, itu ga seberapa dibandingkan sibuk dan repotnya temen-temen PLN yang lagi piket. Tks bro n sis, karena pengorbanan kalian bekerja keras mengatasi gangguan, malam tahun baru di Kota Bandung tetap meriah ^_^

@akangichan

psstt.. padahal kalo bandung gelap gulita, kembang api akan tampak lebih indah.. betul???………………………..

Posted in: home, PLN, social media