Maafkan Ayah Ya

Posted on 25 June, 2013

1



Berenang dengan Kinan di Batununggal

Berenang dengan Kinan di Batununggal

Kid, tau ga, berdasarkan ayat-ayat al Qur’an, hadits Rasulullah SAW, maupun atsar sahabat, hak-hak anak yang harus dipenuhi orang tuanya antara lain :

1.      Hak untuk hidup.(Q.S Al-An’am :151)

2.      Pemberian nama yang baik.
3.      Hak disembelihkan Aqiqahnya.
4.      Hak menerima ASI Dua Tahun(Q.S Al-Baqarah:233 dan Lukman:14)
5.      Hak makan dan minum yang baik.(Q.S Al-Baqarah:233)
6.      Hak diberi rizqi yang ‘thayyib’.(Q.S Al-Maidah 88)
7.      Hak mendapatkan pendidikan agama yang baik.
8.      Hak mendapat pendidikan shalat.
9.      Hak mendapat tempat tidur terpisah antara laki-laki dan perempuan.
10.  Hak mendapat pendidikan dengan pendidikan adab yang baik.
11.  Hak mendapat pengajaran dengan pelajaran yang baik.
12.  Hak mendapat pengajaran al-Qur’an.
13.  Hak mendapat pendidikan dan pengajaran baca tulis.
14.  Hak mendapat perawatan dan pendidikan kesehatan.
15.  Hak mendapat pengajaran keterampilan.
16.  Hak mendapat tempat yang baik dalam hati orang tua.
17.  Hak mendapat kasih sayang.

di Al Qur’an, tidak secara langsung menyebutkan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anak, namun perintah tersebut tersirat dalam beberapa ayat, misalnya Q.S at-Tahrim/66:6 :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

atau pada hadits

” Dari Abu Rafi’ dari ayahnya,ia berkata;aku pernah melihat Rasulullah SAW adzan sebagaimana adzan sholat,di telinga Hasan bin Ali pada saat Fatimah melahirkannya.” (HR.Abu Dawud)

Dari Samurah,bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda; Setiap anak yang lahir terpelihara dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ketujuh kelahirannya.Rambutnya dicukur dan si bayi diberi nama.

Nah, setelah dipikir-pikir, kok masih banyak yang belum bisa kupenuhi yaa?
Terutama di poin 7 dan 8 : pendidikan agama dan pendidikan sholat.

Aku dikasih tau sama Bunda Kinan, saat tes masuk SD Al Ghifari, Kinan masih belum hafal do’a sehari-hari, dan surat-surat pendek. Diajak sholat aja masih susah.

Inget hari Jum’at 2 bulan lalu setelah aku dan Kinan berenang di Batununggal, Kinan ga mau Jum’atan karena maksa mau makan dulu. Padahal adzan sudah berkumandang. Setelah kutinggal pergi, akhirnya Kinan mau ikut jum’atan walaupun sambil marah-marah. Mood jeleknya bersambung sampe setelah Jum’atan. Karena stylus ketinggalan di mobil Bunda, kinan marah-marah sampe nangis-nangis di Mesjid😦

Jadi inilah targetku kalo ke Bandung lagi : Ngajarin sholat!

Bismillah

Catatan : Draft dibuat di Bulan Mei 2013, dipublish sebulan setelahnya, alhamdulillah sekarang Kinan udah mau sholat. Baca di tulisan berikut yaa ^_^

Posted in: home, kinan