RR (1)- Turing Offroad Menyambut Pemilu

Posted on 14 April, 2014

1



Teman di Sumbawa ngewaslap, ngajakin nyusur jalur selatan Sumbawa dengan rute : Sumbawa Besar – Lunyuk – Maluk – Taliwang – balik ke Sumbawa Besar.

Hmm.. tawaran yang menggiurkan. Sumbawa jalur utara sudah pernah saya lewatin pake si Neng Sherry dari Taliwang – Alas – Sumbawa Besar – Empang – Dompu – Bima – sammpaaii ke Sape. Bahkan sempet juga mindik-mindik sampe ke Calabai, Desa Pancasila, yang berada di kaki Gunung Tambora. (uppss… belon bikin RR nya ya.. ^_^)

Kabarnya sih, pembangunan jalannya dapet dana dari Australia. Jalur utara ini 99% muluuuss. Berliku menyusuri perbukitan dan sepanjang pantai sisi utara pulau Sumbawa. Jalur mulus, rambu-rambu lengkap. Menurut saya sih, ini salah satu jalur ternikmat se Indonesia. Hahaha.. Enak banget geber NS disini. Duhh.. bayanginnya aja udah bikin ngiler.. hahaha..

Berbeda dengan jalur utara yang sudah mulus, jalur selatan ini masih jueleek. Malah banyak jalur yang sering longsor, bikin akses terputus. Selain itu, beberapa tempat yang melewati sungai belum ada jembatannya. Jadinya kalo lewat yaaa.. masuk ke sungai. Hahaha..

Teaser jalurnya :

image

Asik kaann ^_^

Kebetulan, saya ada kerjaan di Sumbawa Besar. Setelah urus segala macem berkas dan perijinan tugas luar, akhirnya saya pegang SPPD tugas + jalan-jalan ke Sumbawa. Aseek. Dibayarin kantor neeh!

Planning :
Selasa sore / malem : Packing dan berangkat ke Sumbawa Besar
Rabu : Ga nyoblos, Berangkat ba’da Subuh sesuai rute diatas, estimasi waktu 12-15 jam dari start hingga kembali ke Sumbawa Besar.
Kamis-Sabtu : Kerja dan kembali ke Mataram

ini Jalurnya :

image

Menurut info,
jalur Sumbawa Besar – Lunyuk udah lumayan bagus. Hampir semua sudah diaspal. Hanya sedikit bagian yang rusak / masih berbatu.
Lunyuk – Maluk super ancur. Disarankan tidak di musim hujan, karena licin dan resiko longsor. Siap2 offroad 100km neh.
Maluk – Taliwang – Sumbawa Besar mah enaakk. Hambatan terbesar di jalur ini adalah Sapi, kuda, dan kambing yang hobi nyeberang sembarangan.

Bersambung….

Posted in: adventure, biker