Pantai Sungkun – Lombok Timur

Posted on 28 April, 2014

12



Sabtu, 26 April 2014

Setelah sholat subuh berjamaah, saya ga buru2 packing. Memang sih, dari hari jumat, saya sudah infoin ke temen-temen kalo hari sabtu ini saya mau explore Pantai di Lombok lagi, start jam 06.30 pagi. Tapi karena ga ada yang komen serius mau ikut, saya jadi santai.😀

Jam 6 baru ke wese. Lagi asik2nya chatting. Ada waslap masuk.

Waduh, ternyata si Agus udah di depan gerbang. Buru-buru nyelesein hajat, trus packing. Damn!!! Tongsis ngilang!

Sudahlah. Manasin motor. Agus komen, “jadi ke Surga kan?” baiklah. Explore sekotongnya next time sajah. Jam 6.30 lewat dikit. Meluncur ke arah Sweta.

Saat isi bensin + mpok Nori, Ucup ngewaslap. Dia baru bangun. Haduuh. Diputuskan tikum sama ucup di Praya aja. Biar ga buang2 waktu. Meluncuur!!!

Jam setengah 8 sampe di Praya. Singgah ke rumah Om Hidayat. Empunya rumah menyambut dengan mata belekan. Hahaha.. maap ga bilang2 mau dateng ya oom ^_^


20140426_081954

Telpon Ucup. Ternyata dia masih belum pergi, karena gatau tikum Praya nya sebelah mana. Hadeuuuhh!!! Kenapa ga jalan aja dulu ke Praya trus mastiin tikumnya sebelah mana cuuuppp..!!

20140426_081943

Baiklah. Ngobrol ngalor ngidul sama om Dayat, dan sekitar jam setengah 9 meluncur ke Nasi Puyung depan bandara, tempat tikum dengan si Ucup. Ga sampe 10 menit udah tiba di tikum. Si Ucup keliatan lagi bengong dipinggir jalan. hahaha..

Sarapan Nasi Puyung dulu! (potonya menyusul ah)

Meluncur! Tujuannya adalah Keruak. Sempet salah jalan karena orang yang saya tanya ngasi jalan salah, akhirnya nemu plang besar : Pantai Surga. Berbelok ke Kanan ikutin petunjuk. Jalan semakin kecil, berbelok belok dengan semak belukar tinggi di kedua sisi jalan. Kalo 2 mobil papasan salah satu harus ngalah. Untung jalannya mulus.

Setelah beberapa kilo, jalan mulus berakhir, berganti dengan jalan berbatu, berpasir, dan kadang tanah kering. Untung aja udah bukan musim ujan. Hehehe..

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Jalan semakin terjal, tapi dengan mudah saya masih bisa meraih kecepatan 40-40 kpj. Enaknya pake supermoto… Gaasss!!! Berkali-kali saya harus berhenti, menunggu kedua teman saya menyusul, sambil motoin..

SAMSUNG CSC

Disebuah pertigaan, saya kembali berhenti dan bertanya kepada penduduk. Walahh.. kebablasan cak!!

Tapi, si ibu2 bilang, diterusin jalan juga ada pantai. Ya sudahlah. Daripada bolak balik ga jelas. Lanjutkan!!!

Baru jalan beberapa ratus meter, jalan berbatu berganti jalan tanah setapak. Kami masuk ke jalanan sempit diantar kebun jagung. Saya sempet ragu, tapi Garmin menunjukkan kalo pantai sudah sangat dekat didepan mata. Gass!!!

Tiba-tiba kebun berganti hamparan rumput nan hijau… dengan latar air laut yang biru. Nyampe euy!!!

Spontan kami bertiga bersorak-sorak kegirangan. Soalnya pantainya keren banget!!!

Bayangkan :

hamparan rumput tebal berwarna hijau, langsung berbatasan dengan hamparan pasir pantai putih berbutir sebesar merica. Sesekali Air laut biru jernih terhempas ke gugusan karang disepanjang bibir pantai.

Disebelah kiri, tampak ada pulau kecil berbentuk mirip kura-kura. jauh disebelah kanan, hamparan pasir pantai berbatasan dengan tebing batu setinggi kira-kira 50meter. Keren!!!

SAMSUNG CSC SAMSUNG CSC

Nih kura-kura nya

Nih kura-kura nya

Agus Pamerin Raglan NR

Agus Pamerin Raglan NR

Ucup parkirin motor, dan langsung rebahan di rumput. Saya? cari-cari jalan biar bisa turun ke pantai. Ga lengkap rasanya kalo ga ambil gambar si oren lagi maen pasir.

Ternyata, pasirnya lembut banget. Ban motor langsung tenggelam euy. Bahkan untuk menuju ke gugusan karang yang menurun pun, saya harus turun dan dorong motor.

Pasirnya lembut banget, bikin ban langsung tenggelam

Pasirnya lembut banget, bikin ban langsung tenggelam

Gimana naeknya nanti ya? Gimana nanti lah!!

Foto-foto dulu!! hehehe

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Puas foto2 si oren di karang, saya dorong si oren balik ke rerumputan. Berattt!!!!!! Untungnya ga seberat tiger / pulsar. Jadi walau susah payah, akhirnya saya berhasil mencapai rerumputan diiringi sorakan temen2 yang cuma nonton. Hiks… Lemes….

Lanjut foto2. Sayang ga ada tongsis. Jadinya ga bisa foto bertiga.

SAMSUNG CSC

 

Nyebur gak yaaa

Nyebur gak yaaa

 

Sok2 bergaya

Sok2 bergaya

Si Ucup Basah Kuyup Kena Ombak

Akhirnya Si Ucup Basah Kuyup Kena Ombak

Maen Air

Maen Air

Kemudian, Kami bergerak ke sisi kanan, dimana tebing karang tampak menjulang. Ternyata ada jalan setapaknya. Parkir motor lagi.

Parkir di Sisi Kanan Pantai

Parkir di Sisi Kanan Pantai

Lanjut jalan kaki.

SAMSUNG CSC

Jalan kaki tanpa lepas jaket dan helm. Panas!

Jalan kaki tanpa lepas jaket dan helm. Panas!

Ada jalan setapaknya

Ada jalan setapaknya

Berteduh

Berteduh

Pamer jempol

Pamer jempol

Pamer Jempol

Pamer Jempol

Motoran tapi pake rompi Koskas

Motoran tapi pake rompi Koskas

Daaann,, sisi pantai sebelah sini ga kalah keren!!

Tebing tinggi

Tebing tinggi

Narsis  di tebing tinggi

Narsis di tebing tinggi

Sebenernya kami masih ingin berlama-lama disini, tapi tujuan kami masih banyak… dan kami dehidrasi. hahaha..

Lanjut meluncur cari Pantai Surga..

bersambung…

Meninggalkan pantai Sungkun

Meninggalkan pantai Sungkun

ringkasan :

Lokasi : Pantai Sungkun, Lombok Timur
Waktu : 26 April 2014
Koordinat : -8.9201139, 116.4445317
Jalur menuju lokasi : Mataram – Praya – Keruak – Jerowaru – ikuti plang ke Pantai surga, teruuss aja bablas sampe ujung 

Peta ke Pantai Sungkun - Lombok Timur

Peta ke Pantai Sungkun – Lombok Timur

Posted in: adventure, biker