[Video] Benang Kelambu : Tirai Air Cantik di Lombok

Posted on 13 June, 2014

8



Pagi itu, sebenarnya saya berniat untuk explore sumber air panas di dekat Sembalun, setelah beberapa hari sebelumnya kesitu, tapi cuman sampe pintu masuknya.

NS di Air Panas Sembalun

NS di Air Panas Sembalun

Tapi, kok ya males riding jauh-jauh ya. Akhirnya janjian sama Wahyu untuk explore Air Terjun Benang Kelambu saja. Sebenarnya, saya sudah pernah ke Benang Kelambu sebelumnya. Tahun 2011 sama-sama Ghani explore Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel yang ada didekatnya, kemudian tahun 2013 saya dan teman full gowes dari Mataram kesitu (sumpah cape banget dah). Tapi, kabar dari beberapa teman, ada perubahan di areal air terjun itu. Bikin penasaran.

Jalur Mataram - Benang Kelambu

Jalur Mataram – Benang Kelambu

Benang Kelambu…. Entah kenapa mendengar kata-kata ini selalu teringat sama tempat tidur vintage bertiang tinggi dengan kelambu yang mengelilinginya… hehehe…

Pukul 7, Wahyu sudah jemput ke rumah. Buru-buru finishing packing. GPS, kamera, Tablet, Go Pro dan peta lombok pemberian Mas Duta admin Lombok Backpacker.

Peralatan Perang

Peralatan Perang

Kami kemudian meluncur santai ke arah Timur. Yaa.. ke timur lagi, Tapi kali ini ga jauh. Beberapa kilometer setelah Pura Narmada, kami tiba di pertigaan yang mengarah ke Benang Kelambu.

Di Pertigaan ke Benang Kelambu

Di Pertigaan ke Benang Kelambu

Kami singgah untuk ngemil gorengan dan beli nasi bungkus dulu disitu. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, belut gorengnya muantebbbb.😀

Jajan Dulu

Jajan Dulu

Beres jajan, kami melanjutkan perjalanan. Sekarang jalanan menyempit, dan dibeberapa tempat berlubang. Mungkin karena sering dilewati truk-truk pengangkut pasir yang banyak lalu lalang. Saya yang pake si Oren melewati jalan berlubang tanpa ngerem, jadinya Wahyu yang pake bebek ketinggalan dah.. hehehe.. Ganti motornya brooo..

Setelah kira-kira 2km, kami tiba di pasar Teratak yang maceett. Kayaknya dimana-mana pasar pasti bikin macet ya. Susah payah Kami menembus kemacetan pasar, dan ambil belokan ke kiri. Kami terus melaju di jalanan mulus membelah areal persawahan. Indah sekali. Hmm.. waktu gowes kesini jalannya masih rusak.

Pukul 8, kami sudah tiba di Pintu Gerbang Kawasan Air Terjun Benang Stokel / Benang Kelambu. Masih sepi sekali. Liat odometer. Ternyata cuman 36km aja dari Mataram. hehehe…

Bayar karcis, kemudian Wahyu parkirin bebeknya, dan mbonceng. Tujuan kami adalah langsung ke Benang Kelambu. Langsung gaass di tanjakan curam yang untungnya sekarang udah di beton.

Nanjak

Nanjak

Eh, ternyata cuman tanjakannya doang yang dibeton, sisanya masih tanah merah ga rata dan sedikit bebatuan. Untungnya jalanan kering. Si Oren lagi fit nih, di tanjakan masih bisa gigi 2. Asik sekali melajukan si Oren di trek selebar mobil yang berkelok-kelok naik turun.

ngebuut

ngebuut

Sekitar 10 menit menembus areal perkebunan, kami sampai di gerbang Benang Kelambu, dengan beberapa tenda tempat orang-orang berjualan dipinggir-pinggirnya. Surprise lagi nih. Dulunya boro-boro ada gerbang. Yang ada cuman jalan setapak aja.

Tenda yang Jualan

Tenda yang Jualan

Pos Benang Kelambu

Pos Benang Kelambu

Parkir motor. Asik ga ada lagi yang parkir. Baru kami sendiri aja nih.

Turun Ke Air Terjun

Turun Ke Air Terjun

Tuh Udah keliatan air terjunnya

Tuh Udah keliatan air terjunnya

Di tangga turun hanya berpapasan serombongan anak-anak yang naik. Selebihnya. Sepi.

Anak-anak

Anak-anak

SAMSUNG CSC

Sampe di Benang Kelambu. Beneran cuman ada kami aja disini.

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Trus apa yang baru?

SAMSUNG CSC

Kolam! Ya sekarang sudah dibuat beberapa kolam yang menampung air curahan dari tebing.

SAMSUNG CSC

Ini Foto benang kelambu 2 tahun lalu :

Benang Kelambu Tahun 2011

Benang Kelambu Tahun 2011

Euh ga terlalu keliatan bedanya karena sisi kolamnya ga kepoto.. Hahaha…

Asiiik.. Mandi-mandi nih!!

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Makan dulu ah sebelum nyemplung. Melahap nasi campur belut ditemani suara air terjun dan percikan embun benar-benar mantap!! Jadinya pengen nambah. Hmm.. ini laper atau rakus ya. Hahaha…

Selesai makan, mau nyemplung. Eh, dateng serombongan anak-anak sekolah. Batal dah nyemplungnya. Hiks..

Pulang ah.

benang kelambu movie ok.wmv_000213982

Tempat Parkir. Udah Rame

Tempat Parkir. Udah Rame

SAMSUNG CSC

Cukup foto-fotonya ah. Silakan nikmati video amatiran perjalanan ke Benang Kelambu yang saya buat. Enjoy

Summary :

  • Spot : Air Terjun Benang Kelambu
  • Lokasi : Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah
  • Koordinat : S 08.53288 E 116.33680
  • Jarak tempuh dari mataram +/- 35km
  • Tiket : Lupa. Ga nyampe 5000 lah per orang

@akangichan

Posted in: adventure