[Video] Gowes di Trek Bukit Korea – Lombok

Posted on 18 June, 2014

8



Bukit Korea.

Dinamai demikian karena konon katanya, bukit tersebut sudah dibeli oleh orang Korea untuk dibuat perumahan, namun sampe sekarang (alhamdulillah) belum terealisasi.

Letaknya di sebelah utara, tak jauh dari Kota Mataram, membuat lintasan sepeda ini merupakan salah satu jalur sepeda XC favorit bagi goweser kota Mataram, selain trek Cacing, Duman, Bengkaung, dan beberapa trek lainnya.

Lokasi Bukit Korea di Google Maps :

Dari Mataram, goweser biasa mengambil jalur ke perempatan rembiga, terus ke utara, kemudian berbelok ke kiri menuju desa Mambalan. Untuk goweser yang hanya ingin nanjak sampai ke Bukit Korea, bisa langsung belok kiri menyusuri jalan tanah selebar mobil. Tanjakan awalnya yang lumayan curam biasa bikin goweser-goweser pemula jatuh mental. Namun bila sudah berhasil melewatinya, jalur berikutnya relatif lebih landai dan lebih mudah.

Terus nanjak menyusuri jalur sekitar 2km hingga ke sebuah lapangan luas. Inilah bukit korea. Bagi para goweser pemula, biasanya gowes cuman sampai disini. Setelah berfoto bernarsis ria dengan latar kota Mataram, goweser bisa meluncur turun melalui jalur semula, atau berbelok ke kiri, menyusuri single trek diantara perkebunan warga yang lebih menantang.

Masih punya tenaga? Silakan lanjut nanjak ke Korea Kelapa. Disebut demikian karena titik finish nanjaknya adalah di sebuah tanah lapang dengan beberapa kelapa berderet di ujung tebing, dengan view kota mataram. Indah sekali.

Korea Kelapa

Korea Kelapa

Berbeda dengan jalur ke Bukit Korea yang lebar, jalur ke Korea Kelapa ini merupakan single trek.

nanjak ke Korea Kelapa

nanjak ke Korea Kelapa

Ada jalur lain untuk mencapai trek Korea ini. Goweser mataram biasa menyebutnya jalur Korea Beton. Disebut demikian, karena memang jalur menanjaknya sudah bukan tanah, melainkan beton. Tanjakannya cukup curam dan sangat menguras tenaga. Goweser yang melewati jalur ini juga harus berhati-hati karena selain jalur betonnya hanya selebar +/- 80cm, juga karena banyak sepeda motor yang melaju kencang.

Finish tanjakannya adalah di sebuah warung. Pas banget dah buat istirahat. Setelah melepas lelah, minum, dan makan indomi, goweser bisa meluncur turun melewati single trek tanah dan sebagian berbatu, hingga melewati Korea Kelapa.

Sebaiknya, sepeda yang digunakan adalah jenis MTB XC. Walaupun sekarang banyak goweser mataram yang gowes menggunakan sepeda AM ataupun FR agar lebih nyaman melibas turunan single treknya yang memang lumayan menantang. Kalau belum hafal trek, sebaiknya hati-hati, karena banyak yang terlena oleh nikmatnya turunan sehingga kurang waspada :

keasyikan di turunan.. gedubrak deh

keasyikan di turunan.. gedubrak deh

Lhaa.. udah segitu aja fotonya?

Maap kali ini saya males ngasi foto banyak-banyak. Pengen tau trek nya kayak apa? Silakan tonton video gowes ke Bukit Korea Kelapa berikut ini :

Tertarik gowes di Lombok?

Tulisan dan Video gowes AI di Lombok yang lain :

@akangichan

kolase

Posted in: gowes