[R2] Shaum Itu Dimulai Dari Imsak?

Posted on 30 June, 2014

3



Hari kedua Ramadhan

Ada yang menarik dari obrolan di Sosmed perihal sahur. Saat sahur, beberapa teman di grupchat ngingetin saat waktu imsak telah tiba, jadi udah ga boleh makan dan minum.

“Waduh, udah imsak, padahal gue masih pengen makan kolak T.T..”

“eh, udah imsak! Jangan makan lagi ya. Nanti batal lho…”

Really?

Selama ini sih, AI diajarin ortu ga kayak gitu. Malah papih biasa mulai sahur (makan-minum) sekitar 15 menit sebelum adzan dan berhenti saat adzan berkumandang. Malah waktu kecil, mamih sering nyuruh AI ngabisin teh manis saat adzan mulai berkumandang.

imsak so what?

imsak so what?

 

Jadi mana yang bener?

 

Di dalam Al-Qur’an Allah azza wa jalla berfirman :

“.. Makan dan minumlah hingga jelas bagi mu antara benang putih dan benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai malam..”
(Al Baqarah ayat 187)

Yang dimaksud dengan benang hitam ialah gelapnya malam. Adapun benang putih adalah cahaya siang. (lihat Shahih Muslim. 1053)

Dalam Shahih Bukhari dan Muslim terdapat riwayat dari Qasim dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda yang artinya :

“Jangan sampai Azan Bilal menghalangi kalian makan sahur, karena ia mengumandangkan adzan pada malam hari. Makan dan minumlah sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan adzan, karena ia tidak mengumandangkan adzan melainkan bila fajar telah terbit”

Dalam hadits yang lain beliau menegaskan lagi, ”

إِذَا سَمِعَ أَحَدُكُمُ النِّدَاءَ وَالإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلاَ يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِىَ حَاجَتَهُ مِنْهُ

“Jika salah seorang di antara kalian mendengar azan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia selesai menunaikan hajatnya”.

Jadi, berdasarkan dalil-dalil diatas bisa disimpulkan :

  1. Waktu imsak yang berkisar antara 10-15 menit menjelang subuh tidak disyariatkan
  2. Waktu imsak yang benar adalah saat adzan subuh yang kedua dikumandangkan.
  3. Disunnahkan untuk mengumandangkan adzan 2 kali pada waktu subuh.

Berhenti makan dan minum saat imsak sih boleh-boleh aja. Kan bagus sisa waktu bisa dipake buat siap-siap sholat Subuh di masjid. Tapi makan setelah imsak sampe adzan ga bikin puasamu batal. Cmiiw.

Wallahu a’lam.

Gitu sih menurut AI. Yang menganut faham berhenti makan saat imsak bisa kasih dalilnya?

 

bacaan :

  1. Waktu Imsak Boleh Sahur
  2.  Batalkah Makan Setelah Waktu Imsak Datang?
  3. Kapan sih?.. Batas Akhir Waktu Sahur?

 

@akangichan

 

btw baru dapet whatsapp dari Bunda Kinan :

Kinan alhamdulillah kemaren (hari pertama) puasanya sampe maghrib, tapi tetep susah disuruh sholat

 

Waduh, PR lagi inih…

Advertisements
Posted in: catatanku, kinan