[R5] Ganti Aki si Oren KTM D-Tracker 150

Posted on 3 July, 2014

4



Ramadhan hari ke-5

Udah sebulan terakhir ini, saya nyalain mesin si KTM Oren Jadi-jadian ini dengan didorong. Awal sebab musababnya, saya lupa matiin kunci kontak saat tiba di kantor. Walhasil saat mau pulang kantor, aki ga ngangkat stater elektriknya. Di selah-selah ga nyala-nyala. Malah kaki saya yang sakit T.T

Akhirnya masukin ke gigi 2 dan dorong. Biasa ndorong Pulsar yang berat, dorong si Kejo kerasa enteeng banget. Sekali percobaan langsung nyala dah. Selamet!

Besok paginya pas distarter lampu indikator normal ngedip, tapi mesin nyala. Aman dah. Seharian dipake apruk-aprukan ke Pantai Serewe sampe ke pantai Sungkun berkali-kali matiin mesin dan nyalain lagi ga ada masalah. Alhamdulillah. (tulisan apruk-aprukannya bisa dibaca di Lombok Exploride : Pantai Serewe & Pantai Cemara)

SAMSUNG CSC

Sampe minggu kemaren. Untuk kesekian kalinya saya lupa matiin stop kontak. Tekor lagi dah. Dorong lagi. Besoknya… masih tekor. Dorong lagi. Sorenya tetep tekor. Dorong lagi. Sampe diledekin sama satpam kantor. Itu motor keren kok didorong2 sih mas? Eh, motor Valentino Rossi aja kalo start didorong tau!! (ngeles padahal mangkel.. hahaha..)

Cek aki aah. Kemaren pagi saya ijin ke atasan. Meluncurlah ke Jago Aki yang di jalan Bung Hatta. Emang untuk urusan aki saya seneng maen kesini. Ngecek kesehatan aki pake alat digital gratis. Ga asal tebak kayak toko-toko yang lain.

Di Jago Aki, karyawannya bingung. Karena dia belum pernah buka aki Dtracker. Saya juga belum. Hahaha.. Tapi seinget saya sih akinya ada dibawah jok. Jadi buka tebeng kiri kanan dan jok deh.

CAM02124

Voila!! Keliatan deh akinya.

CAM02126

Ternyata posisi aki si DT ini tidur, dan aki kering.

CAM02127

Walah. Alamat ga bisa diserpis. Dan bener aja, begitu si karyawan Jago Aki ngetes, alat tes nya langsung nampilin tulisan “replace battery”. Ganti!

Sialnya, aki DT merk Yuasa dengan kode YTX7L-BS MF 6A ini ga ada di Jago Aki yang cuman menyediakan aki untuk matic dengan daya cuman 3-4Ampere aja. Bisa aja sih diganti pake aki Supra X 3,5A, tapi katanya ga bakal awet. Hmm.. Sudahlah.

Setelah ngucapin terima kasih ke karyawan Jago Aki atas diagnosa dan konsultasi gratisnya, saya meluncur ke Panji Tilar, teringat ada toko aki baru disana. Siapa tau ada.

di Toko Sudan-Battery Specialist saya disambut ramah oleh satu-satunya karyawan disana. Sebut saja Mas Aan.

CAM02122

Alhamdulillah begitu saya bilang mau ganti aki si Kejo ini, dia bilang ada, sambil nyebutin kode akinya. Wew, hafal diluar kepala euy. Ternyata walau toko Sudan di Panji Tilar ini baru 2 bulan, mas Aan sudah berkecimpung di dunia aki selama 9 tahun. Pantesaan..

“…338 ribu akinya mas..” Whaat?? semahal itu? Dia ketawa sambil bilang, “Coba aja cari di dealer Kawasaki mas. Aki Yuasa nya susah, kalaupun ada bisa ampir sejuta…”

“..Bisa sih pake aki Supra X. Harganya cuman 220rb. Mau yang mana mas?”

Euh, cm beda 100rb lebih dikit, dengan resiko usia aki yang lebih singkat, dan ga bisa pasang lampu cree karena ampere nya cuman 3,5. Ga usah lah.

Iseng browsing, dan ternyata di dealer Kawasaki, battery (aki) Yuasa YTX7L-BS MF 6A dengan Part No. 26012-0115 ini harganya 650rebu..

Harga Aki Dtracker di Kawasaki

“..Kok bisa lebih murah daripada di dealer mas?”

“..Ya soalnya yang ada merk Champion. Bukan Yuasa…” Hmm.. Baiklah. Gapap deh. Bungkus!!

CAM02137-crop

Pertama aki diisi air aki dulu. Lhaa kirain aki kering ga pake air?? Ternyata tetep pake. Cuman ga perlu ditambah-tambah lagi kayak aki basah. Pake sampe tekor. Trus buang.

CAM02128-crop

Abis diisi air aki, aki dicas awal. Cukup 10 menit.

CAM02135

Sambil ngecas, mas Aan ngasi beberapa tips perihal aki :

  • sebaiknya kendaraan dipake minimal seminggu 2 kali agar recharge aki tetep bagus.
  • catet no. seri aki yang ada dipojokan. Soalnya beberapa kali kejadian saat kendaraan diserpis, aki diganti oleh oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab.
  • aki motor digaransi. Tapi cuman 3 bulan. Ya lumayan lah. Kalo di Jago Aki garansi aki motor mencapai 9 bulan lho.
  • di Sudan, maintenance aki gratis.

Selesai dicas, aki dipasang.

CAM02138

Dites kondisinya pake multitester. Hmm.. Kayaknya kalo alat masih bagusan yang di Jago Aki dah. Alatnya bisa nunjukin tingkat kesehatan aki soalnya.

Btw, menurut Mas Aan, pengisian yang baik itu tidak melebihi 14,4Volt. Pantes dia nanya apa mesin si Kejo ini udah diboreup atau belum. Biasanya, mesin boreup juga bikin pengisian lebih besar, bisa sampe 15volt. Ini bisa bikin aki overcharge. Alhamdulillah. Pengisian si oren normal di 13,3-13,5V.

CAM02142

Lanjut pasang Jok dan tebeng samping. Beres!!

CAM02125

Sekarang Knalpot R9 Mugello si Kejo bisa mengaum tanpa harus diselah ataupun didorong. Asiik.

Meluncuurr

Posted in: biker