[R15] Mystical Ranamese Lake – Flores

Posted on 13 July, 2014

0



Ramadhan hari ke-15

Sepanjang hari ini, Kota Ruteng dan sekitarnya diselimuti hujan dan kabut tebal. Udara dingiin sekali. Ba’da dhuhur, saya dan Markepeng meluncur ke arah timur. Ya, biarpun ini hari minggu, tapi kami bermaksud melanjutkan tugas inventarisasi lahan untuk tapak tower SUTT yang akan membentang di pulau Flores dari Maumere hingga ke Labuan Bajo.

Sekitar 20kilometer dari Ruteng, kami sudah mulai memasuki kawasan hutan lindung. Gerimis kembali turun. Semakin lama semakin lebat. Berkali-kali kami mengecek koordinat longitude dan latitude di Garmin. Waduh. Kiri-kanan jalan merupakan areal hutan lebat yang berbukit terjal. Bagaimana kami bisa masuk ke lokasi tapak tower? Jalan terus aja daah…

Diantara selimut kabut, samar-samar kami melihat kumpulan bangunan di sebelah kiri jalan. Ah.. ternyata ini pintu masuk ke Danau Ranamese.  Kubelokkan mobil memasuki gerbangnya. Suasana sepi sekali. Di dekat pintu gerbang hanya ada 2 motor terparkir. Pemiliknya tampak sedang berteduh sambil menggigil. Alhamdulillah. Untung kami pake mobil.

Di tempat parkir hanya ada 1 mobil. Saya parkirkan mobil kami disebelahnya, dan kemudian menuju rumah terdekat. Kelihatan di terasnya ada beberapa orang sedang asyik mengobrol. Hmm.. 2 diantaranya malah makhluk manis berkulit putih. Keliatannya sih bukan orang lokal ini mah..

Ternyata salah satu makhluk manis itu adalah Yosephine Mega, salah seorang finalis Roro Duta Wisata kota Malang. Lhaa.. jauh-jauh ke Ranamese euy. Jarang-jarang ketemu duta wisata kayak gini, apalagi di pelosok Flores, kesempatan foto bareng ga disia-siakan. Sayang ga sempat ngobrol lebih jauh karena mereka bermaksud melanjutkan perjalanan ke Borong.

CAM02256-crop

Hujan mulai berhenti. Kabut tebal pun mulai menipis. Akhirnya kami melangkahkan kaki menuju danau, yang menurut papan petunjuknya sih hanya berjarak 300m.

SAMSUNG CSC

VID00554.mp4_000007661-crop

Jalan ke danau berupa paving blok selebar 1,5m menembus hutan lebat. Di kejauhan terdengar suara-suara burung. Kemudian sunyi. Kabut kembali turun. Brr.. suasananya agak menyeramkan. Hahaha…

VID00556.mp4_000043366

VID00557.mp4_000004885-crop

Jalan landai berubah menjadi undakan tangga menurun. Mana danaunya nih? Di ujung tangga hanya kabut pekat yang terlihat.


VID00558.mp4_000001441

Saat kabut menipis, ternyata kami sudah ada dipinggir danau.

SAMSUNG CSC

Duh, kabutnya tebal sekali nih. Airnya jernih, dan saya banyak liat tumbuhan seperti rumput laut.

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Melihat hamparan air yang tenang tak bergerak yang menghilang ditelan kabut membuat kami merasa seperti ada di dunia lain. Sereeemmm… Jadi inget film Resident Evil. Kami ga berani dekat-dekat air. Takut tiba-tiba ada tangan-tangan yang muncul dari bawah air dan menarik kami kesitu.. Hihihihi.. horooorr..

 Kami coba menelusuri jalan di sisi danau yang juga dilapisi paving blok.

VID00570.mp4_000002741-crop

Namun karena kabut tebal, tak banyak yang bisa kami lihat.

DCIM101DRIFT

SAMSUNG CSC

Mau coba menyusuri jalan setapak yang tampaknya mengelilingi danau dengan diameter 350meter ini, namun kabut dan gerimis yang mulai turun, membuat kami mengurungkan niat. Ga lucu kan kalo basah kuyup, tersesat, dan ketemu makhluk halus penunggu Ranamese… Hihihii..

SAMSUNG CSC

Pulang ah…

@akangichan

Lokasi Danau Ranamese :

  • Koordinat : 8°38’22″S 120°33’46″E

  • Desa Golo Loni, Kecamatan Ponconaraka, Kabupaten Manggarai Timur

Posted in: adventure, PLN