Halo.. halo.. Asalamualaikum. Mumpung masih dalam suasana Iedul Fitri dan nyawalan, saya mohon maaf lahir batin yaa.. 🙂
Tulisan kali ini bisa dibilang kelanjutan dari tulisan saya Panduan Cepat Beli Sepeda MTB Untuk Pemula (banget) yang ternyata jadi postingan yang paling banyak dibaca. Hehehe.. Makasih buat yang udah meluangkan baca. Mudah-mudahan bermanfaat.
Baiklah, kita lanjutkan saja. Gimana udah dapet sepedanya? Gimana gowesnya? Udah berapa kali? Udah berapa lama gowes? Ada keluhan? Ada pertanyaan?
Berikut saya paparkan 10 Kesalahan Pemula dalam masa-masa pertama gowes mereka (termasuk saya juga, xixixixi…), yuk disimak :
1. Malas shifting (pindah gigi)
Oke, kecuali kalian yang beli sepeda BMX atau onthel atau fixie (masih ada gitu? 😀 ) atau sepeda single gear lainnya, pasti sepeda kalian ada gear depan dan belakangnya. Betul??
Tapi kok yaa.. masih sering aja saya liat, yang baru punya sepeda MTB ini ga memanfaatkan jempol dan telunjuknya untuk shifting. Nanjak ngos-ngosan setengah mati di gear berat. Sebaliknya, di jalan datar juga banyak yang pedaling kenceng kayak lagi dikejar anjing, tapi jalannya pelan karena pake gear ringan!
Terus gimana baiknya? Mudahnya sih, coba hitung kecepatan putaran kaki saat gowes. Coba pertahankan 1 putaran kaki per detik atau sekitar 60 putaran per menit. Stabil. Kalo jalannya nanjak, shifting ke gear ringan, kalo datar atau menurun, shifting ke gear berat.
Sekali lagi, pastikan putaran kaki kalian selalu konstan iramanya di sekitar 60rpm. Oke, kalo masih belum jelas, nanti saya buatin tulisan terpisah ya. 🙂
2. Malas mengatur ketinggian sadel sesuai kebutuhan
Yang baru gowes, biasanya ga pede kalo saat duduk di sadel, kakinya ga bisa nyentuh tanah. Betul? Jadinya sadel diturunin, sampe posisi kaki bisa nyentuh tanah. Padahal, efisiensi gowes akan didapat kalo posisi kaki saat pedal berada di titik terbawahnya hampir lurus. Artinya, dalam posisi sadel kayak gini, kaki ga akan nyentuh tanah.
Lhaa trus kalo berhenti jatuh dong? Eits.. jangan males, angkat pantat kalian dari sadel, trus majuin dikit, baru turunkan kaki sebelah. jadi posisi sadel ada dibelakang badan.
Hal sebaliknya juga sering terjadi. Saat menghadapi turunan (terutama turunan di jalan offroad ya), banyak juga yang saya liat males nurunin sadel. Akibatnya saat kehilangan keseimbangan, kaki repot cari pijakan, jadinya tumbang deh ke samping. Posisi sadel yang terlalu tinggi saat turun juga beresiko nyungsep jumpalitan ke depan saat turun. Jadi sebelum melibas turunan, sebaiknya turunin dulu sadelnya sampe saat duduk di sadel, kaki bisa menapak sempurna.
3. Ngeluh pantat sakit
“kang, saya udah 3 hari gowes nih, kok pantat jadi sakit ya. Apa sadelnya ga cocok?”
Yaelah, baru juga tiga hari om..
Waktu pertama kali gowes, sakit pantat saya baru ilang setelah gowes tiap hari selama 2 minggu. xixixixi..
Sebelum terburu-buru ganti sadel, coba pake celana sepeda yang ada busanya di selangkangan. Kemudian, coba beberapa maju / mundur dikid duduknya. Pastikan kedua tulang pantat kalian posisinya pas di sadel. Berikutnya, lihat di no. 4 ya.
4. Malas Mengatur kemiringan sadel
Seorang sahabat saya pernah ngeluh, “kang, bagian biji kok sering kesemutan ya saat gowes. Padahal gowesnya baru beberapa menit..”
Nah, ini nih hal kecil yang jarang diperhatikan, padahal VITAL, karena menyangkut alat vital.
Setelah dicek, ternyata posisi sadelnya terlalu mendongak (tengadah), jadinya si biji keteken sadel saat gowes. Ya jadinya kesemutan dah. Bahaya tuh kalo lama2. Aliran darah yang kurang lancar ke area vital bisa bikin kurang tegang. Hihihi.. Gawat kan. Ayo coba atur lagi kemiringannya. Kalo saya sih enaknya posisi sadel rata.
(bersambung biar ga terlalu panjang…)
Ari Wiryadi
1 August, 2015
Bagian 2 na mana atuh…kagok yeuh maca na :d
akangichan
1 August, 2015
Senen nya kang…
faiz
12 August, 2015
Sebagai pemula, dari 4 kesalahan yg diposting alhamdulillah cuma kena di no.3 hehehe…:)
akangichan
13 August, 2015
hahaha… tunggu no. 5 sampai 10 nya yaa…
Eri AK
31 August, 2015
Hampir semuanya kena Gan hehehe ….
ariefheedayata
1 September, 2016
intinya jangan malas, hehe
ariefheedayata
1 September, 2016
intinya jangan malas
Arif Hidayatullah
1 September, 2016
intinya jangan malas
aip19.blogspot.com
rizki faskia
24 March, 2017
salam kenal akang, saya punya carribou, fork xcm, ban 2.35, 7speed lainya standar buat wiken misal jalan desa berbatu
satunya punya batang opstimist, rst 100, rencananya buat bike 2 work pake ban kecil 1.75
baiknya dipisah atau dijual dan dananya digabung buat bikin xc?
keluhan kalo pas bike 2 wrk ban kegedean jadi berisik dan tebakan angin gede
maaf perjadulan hehehe
akangichan
19 April, 2017
jual ketengan ajaa.. tapi harus santei biar dapet harga jual bagus.. hahahaa.
rino
13 May, 2017
salam kenal kang…
mohon pencerahannya…
bulan lalu saya dapet hibah frame giant trance x3, rencananya mau saya rakit…
kalo untuk rims, mendingan saya pake folker am33, folker fr30, atau malah folker xc…?
mohon sarannya ya kang…
terimakasih
Rahman
30 January, 2018
Makasih artikelnyabagus bingits buat pemula ditunggu artikel berikutnya……
rossi
26 February, 2018
Budget saya 1 jt. Pingin punya sepeda utk di jalan raya & bisa utk di gunung. Gimana solusinya? Trims
akangichan
25 July, 2018
nabung lagi
Gentur Yoga
17 April, 2018
artikel yg bagus kang. semua poin kena. saya sudah 10th g ngontel. lagi membiasakan ngontel biar badan ga tegang. ditunggu poin 5 – 10 kang.
ipoel
31 July, 2018
salam kenal…
kang ichan, sepeda fullbike yang performa nya mirip atau diatas sepeda rakitan si ‘kornet’ yg punya akang apa ya? budget di 7jt s/d 7,5jt
atau kalo lebih disarankan merakit sendiri, mohon rekomendasi partnya kang.
hatur nuhun.
akangichan
7 January, 2019
fullbike sepeda Thrill 4x aja atuh, atau sepeda DJ nya polygon
Wahyu
3 September, 2018
ditunggu lanjutannya kang…