35 Things About My Adventure-Backpacking

Posted on 10 September, 2013

4



backpackingan

Kid, Duluuuu, jaman saya masih abege, jauh sebelum istilah backpacker ngetren sebagai istilah buat orang-orang yang suka jalan-jalan dengan budget murah dan menyandang ransel alih-alih koper, saya udah terbius oleh sosok si Roy, lelaki pejalan dalam Balada si Roy karangan Gola Gong.

Gara-gara hobi baca Balada si Roy ini yang bikin saya jadi hobi backpackingan.  Yaa.. karena keterbatasan waktu dan (terutama) biaya, belon banyak kemana-mana juga sih. Walaupun anehnya, sekarang ini banyak temen-temen yang komen, “San, kamu tuh kerjaannya kok jalan-jalan mulu?” Alhamdulillah, panggilan tugas membuat saya pernah merasakan tinggal di tempat-tempat tujuan wisata : Sulawesi (Manado, Gorontalo, Luwuk), dan sekarang : Lombok. Jadi hobi jalan-jalan mudah tersalurkan. xixixi…

Buat saya, backpackingan bukan sekedar mengunjungi suatu tempat wisata dengan biaya serendah mungkin. Tapi lebih ke menikmati perjalanan, dan menikmati berbagai hal tak terduga yang terjadi diperjalanan. Itu sebabnya saya sering jalan tanpa rencana matang. Malah kadang tanpa rencana sama sekali. hahaha.. Jangan ditiru yaa..

Susah, senang, ditipu orang, dicopet, kesasar di gunung, tidur di pos polisi, tidur di pantai, diusir penjaga masjid, kenalan dengan sahabat baru, ditipu teman baru, semua udah dirasain.

Jadi pengen ngumpulin fakta-fakta menarik selama jalan2. Baru kekumpul 35 fakta ter-……  yang saya ingat euy :

  1. Karir backpackingan AKAP (antar kota antar propinsi) saya yang pertama hanya bertahan 3 hari, karena dompet berisi uang hasil nabung setahun dicopet saat tidur di Malioboro.
  2. Saat itu, umur saya sudah 16 tahun, dan duduk di kelas 1 SMA, naik ke kelas 2.
  3. Waktu backpackingan terlama saya adalah 4 minggu. 1 minggu naik gunung Sumbing, 1 minggu nyusur jawa sampe banyuwangi, dan naek Ijen, 1 minggu nyusur Bali, dan 1 minggu balik ke Bandung dengan singgah di Bromo dan Jogja
  4. Dicopet, adalah pengalaman terburuk saya saat di Jogja. Beberapa belas tahun kemudian, saya hanya berjarak 5 menit dari usaha perampasan + pembacokan yang dialami teman gowes di utara Jogja.
  5. Nyasar, adalah pengalaman terburuk saya saat naik gunung (Merbabu).
  6. Penginapan termurah yang pernah saya tempati adalah di Parangtritis, yaitu sebesar 5 ribu rupiah saja (taun 1996 ini teh.. Sekarang berapa ya?)
  7. Pertama kali naik pesawat adalah  Akhir awal April 2005, kalo ga salah sih tanggal 2 April, dari Jakarta ke Manado transit di Makassar. Pesawat take off jam 6 Pagi, dan baru landing di bandara Ngurah Rai Sam Ratulangi Manado jam 3 sore. What a day.
  8. Jalan-jalan darat terjauh saya adalah dari Luwuk (Sulawesi Tengah) sampe Bandung pake motor, yang menempuh 3500km dan 2 minggu. Singgah di Palopo, Tana Toraja, Makassar, Surabaya, Bromo, Sarangan, Jogja, dan Dieng.
  9. Negara tetangga yang pertama kali saya sambangi adalah Malaysia.
  10. Perjalanan darat dengan kendaraan umum yang paling lama adalah bus dari Palu ke Manado selama 24 jam. Tanpa AC.
  11. Perjalanan darat paling menyiksa adalah bus dari Kotamobagu (Sulawesi Utara) ke Gorontalo selama (hanya) 8 jam. Kaki kram tertekuk, bau ketek, bau muntahan anak, bau ayam (yup ada kandang ayam ikutan di bus), bau rempah2 segala macem..
  12. Perjalanan laut dengan kapal besi terlama saya adalah 40 jam, dari Makassar ke Surabaya.
  13. Pesawat terkecil yang pernah saya naiki adalah pesawat baling2 Cassa 212 atau De Havilland Canada DHC-6 Twin Otter (kayaknya sih yang terakhir. Lupa juga euy) berpenumpang ga sampe 15 orang. Kursinya keras kayak kursi kereta ekonomi, ga ada pramugari nya, dan ga perlu matiin hape karena ga ada peralatan elektronik yang bakal terganggu.. hahaha.. Pesawat ini melayani rute Luwuk-Manado seminggu 2 kali sampe taun 2010an awal (cmiiw lagi).
  14. Penerbangan paling menegangkan adalah penerbangan Makassar – Luwuk dengan pesawat baling-baling (ATR kah?). Saat akan mendarat di Luwuk, salah satu roda pesawat tidak bisa turun sehingga pesawat harus berputar-putar berkali-kali diatas kota Luwuk sampe akhirnya roda berhasil turun.
  15. Perjalanan dengan kapal kayu terjauh adalah 10 jam dari Luwuk ke Banggai. Panas. Ga ada AC, dan agar dapet tempat tidur terpisah harus sewa kamar ABK yang sempit, sumpek, dan sedikit apek.
  16. Perjalanan udara terlama adalah sekitar 5,5 jam, dari Jakarta ke Guangzhou.
  17. Pengalaman paling berkesan di China (Xuzhou) adalah saat terpaksa gowes dengan sepeda pinjaman petugas hotel malem2 di suhu mendekati nol derajat demi mendapatkan sinyal wifi gratisan di perempatan jalan.
  18. Perjalanan ternekat adalah saat naik gunung Merbabu sendirian. Digangguin makhluk halus, nyasar setengah hari di kaki gunung.
  19. Motoran ternekat adalah saat berempat motoran ke Lampung dari Bandung, padahal uang yang ada cuman buat bensin doang.
  20. Lintas negara ternekat adalah saat dari Malaysia tiba-tiba memutuskan untuk ke Singapur, tanpa informasi apapun tentang Singapura, tanpa booking hotel, tanpa teman, dan tanpa peta. Walhasil sempet ditahan di imigrasi, dan nyasar di Kampung Arab.
  21. Jalan-jalan tanpa rencana paling ngaco adalah saat mau naik gunung Burangrang (Utara Bandung), namun kemudian beralih jadi ke Malang, Gunung Lawu (batal naik karena lagi ada pendaki hilang), Wonosobo, dan jadinya naik Gunung Sindoro dan belanja oleh-oleh di Jogja.
  22. Jalan-jalan bermobil paling seru adalah saat kuliah, ber-10 uwel-uwelan 1 mobil kijang ke Jogja, lanjut Semarang, lanjut Cirebon, belok ke Pangandaran meski uang cuman pas buat makan dan bensin doang. (dan akhirnya pake trik buka baju demi bisa lolos di pos pembayaran tiket masuk Pangandaran. xixixixi…
  23. Wilayah Indonesia paling utara yang pernah kuinjak adalah kepulauan Sangihe Talaud (Sulawesi Utara)
  24. Wilayah Indonesia paling selatan yang pernah kuinjak adalah Kupang (NTT)
  25. Sepedaan terjauh yang pernah kutempuh dalam 1 hari adalah sekitar 120km. Pake hornet ban 2.35. Dari mataram, senggigi, bangsal, tanjung, air terjun gangga pulang pergi.
  26. Puncak gunung tertinggi yang pernah saya daki adalah Rinjani (3.726mdpl)
  27. Gunung 3000an meter yang pertama kali saya daki adalah Gede-Pangrango.
  28. 5 hari adalah rekor terlama tinggal di rumah orang yang baru dikenal di kereta api saat backpacking.
  29. Bunaken adalah taman nasional yang paling sering saya kunjungi. (sempet sampe seminggu 2x).
  30. Kapal yang paling sering saya naiki adalah KM. Baronang yang melayani jalur penyeberangan Gorontalo-Pagimana (Luwuk). Sampe-sampe para ABK nya apal. Hahaha..
  31. Jarak paling jauh yang pernah saya tempuh dalam 1 hari dengan motor adalah 750km, yaitu dari danau Matano di Soroako sampai ke Luwuk, melewati Tentena, Poso, dan Ampana.
  32. Danau terluas yang pernah saya kunjungi adalah danau Poso.
  33. Perjalanan dengan mobil terjauh saya adalah dari Bandung ke Lombok bersama keponakan dan adik-adik. Menempuh jarak 1200km dalam waktu 3 hari dengan Chevrolet Blazer.
  34. Sukro, adalah cemilan wajib saat jalan2 yang tidak pernah absen dari ransel.
  35. duh apa lagi ya? Sekarang, saya lagi males jalan-jalan sendirian. Pengennya sama Kinan ^_^, dan bundanya tentu saja.😀

@akangichan

Posted in: adventure