[R12] Gowes di Hutan Selelos – Lombok Utara

Posted on 10 July, 2014

5



Berawal dari sebuah pesan di grup BBM. Teman-teman komunitas sepeda LRBC (Lombok Rinjani Bike Community) bekerjasama dengan Fakultas Kehutanan Universitas Mataram bikin acara gowes bareng komunitas MTB. Berbeda dengan acara-acara gowes bareng MTB sebelumnya yang pernah diadakan di Lombok, kali ini gowes barengnya di Hutan Selelos. Sebuah kawasan yang termasuk hutan lindung di Lombok Utara, yang jaraknya kira-kira 60km dari kota Mataram.

Jauh ya.

Tenang… kesana ga gowes kok. Tapi loading.
image

Ya walaupun loading, tetep aja 60km itu bikin pegel pantat..

Tapi ternyata worthed

Jalur menanjaknya memang mencapai 5km, tapi relatif landai, dan berada di antara rimbunnya pepohonan, di ketinggian 700an mdpl. Jadi ga panas. Jalan tanahnya pun relatif bersih dari bebatuan. Enak empuk…
image

Turunannya asikk.. single trek dengan panjang mencapai 5km ini bisa dilalui dengan waktu tak sampai seperempat jam. Mayoritas jalan tanah dengan belokan yang tidak tajam bikin penikmat turunan terlena. Apalagi di banyak tempat terdapat drop off kecil berukuran 20cm – 50cm.
image

Mantaap. Namun hati-hati, karena sedikit saja roda keluar dari trek tanah, kerikil-kerikil kecil nan halus siap menyambut.
image

Kabarnya Pak Kapolres Kota Mataram beserta 4 anak buahnya sempat jatuh berjamaah disini. Memang sebaiknya pergunakan roda ukuran 2.10 ke atas untuk menjaga kontrol saat terpaksa harus sedikit keluar lintasan.

Profil turunannya relatif landai hingga perlu pedaling di beberapa tempat untuk mempertahankan speed yang diinginkan. Saya dan teman-teman sih cuman membukukan kecepatan di single trek rata-rata 35kpj. Yang lain bisa lebih…

image

Video gowes selelos

Saya, teguh dan conclenk

Minat maen-maen kesitu? Teman-teman LRBC ataupun saya dengan senang hati akan nemenin kesini.

@akangichan

Posted in: gowes