[R1] Ramadhan, saatnya Gowes Back to Basic : Trackstand

Posted on 29 June, 2014

0



Hari pertama ramadhan euy!

Gimana hari pertama kalian?

(Sesuai janji saya di tulisan sebelumnya, kalo saya akan posting 1 tulisan perhari selama ramadhan, inilah postingan pertama AI, bismillah)

Hari minggu gini biasanya abis sholat Subuh udah nyiapin sepeda buat gowes. Ya minimal ke Bukit Korea atau ke Cacing. Sekarang? Bisa-bisa gempor karena ga boleh minum. Hahaha…

Memang, saat ramadhan gini, harus pinter-pinter mensiasati waktu gowes. Bisa sore setelah ashar sampe maghrib, atau niteride ba’da shalat tarawih. Itu yang biasa AI lakukan taun-taun kemaren.

Taun ini, AI mau tambahin menu gowes : Back To Basic!

Apaan tuh?

Selama ini, kita gowes kemana-mana. Trek offroad lama, explore trek offroad baru atau onroad. Sepeda diupgrade. Ganti fork, shifter, crank, handlebar, dll. Penampilan juga diupgrade. Ganti helm, bikin jersey komunitas, celana berpadding, kacamata, goggle, buff, dll.

Ada yang biasanya kelupaan : upgrade skill!!

Berhubung lg shaum, upgrade skill nya juga jangan yang banyak makan tenaga. Cukup yang ringan-ringan, dan bisa dilakukan disekitar rumah. Menu ngabuburit lah ceritanya mah.

Jadi apa yang bisa dilakukan?

 

Pertama : Latihan Track Stand

Mmm.. trackstand? Apaan tuh? Intinya mah, trackstand teh membuat sepeda seimbang, dalam posisi (hampir) diam, dan dengan posisi kaki dua-duanya ada di pedal.

Kegunaannya?

Selain tampak keren, apalagi kalau trackstand nya di posisi paling depan saat lampu merah, trackstand juga bermanfaat saat harus gowes pelan banget, atau berhenti di single trek tanpa menurunkan kaki dari pedal. Apalagi saya kan biasanya gowes pake sepatu cleat. Bisa trackstand juga bikin PD meningkat saat harus gowes dengan kaki terkunci ke pedal cleat dengan kecepatan rendah di medan yang banyak obstacle-nya.

Video belajar trackstand banyak banget di youtube, tapi yang paling oke menurut saya sih yang ini :

Ini yang saya lakukan :

  • Siapin sepedanya (ya iyalah..). Untuk latihan ini, saya pake si Hornet.
hornet dan halaman ruko buat latihan trackstand

hornet dan halaman ruko buat latihan trackstand

  • Pake flat pedal. Pedal cleat si Hornet saya lepas, dan diganti dengan pedal flat. Eh bukan flat deng. Ya pedal… gitu dah. Yang ada aja. Hahaha.. Kenapa ga pake cleat? Lhaa namanya juga latihan. Kalo pas ga bisa gabisa jaga keseimbangan trus telat lepas cleat, kan jadinya jatuh bodoh. Hahaha..
Pedal Cleat si Hornet diganti

Pedal Cleat si Hornet diganti

  • Stel posisi gir belakang di tengah-tengah, biar ga terlalu berat / ringan gowesnya. Ini mah suka-suka aja sih.
Pilih Yang Tengah Biar Ringan

Pilih Yang Tengah Biar Ringan

  • Cari lahan yang agak luas, dan agak miring.
Halamannya sedikit miring kan?

Halamannya sedikit miring kan?

  • Tentuin chocolate foot yang mana. Gampangnya, CF ini adalah kaki yang otomatis berada di depan saat kita meluncur di turunan. Kebetulan CF saya kaki kanan.
  • Gowes santai dengan posisi jalan yang lebih tinggi di kanan, kalo saya sih prefer sambil berdiri biar lebih gampang atur keseimbangan. Trus berhenti. Saat mau berhenti, belokkan handlebar ke arah CF (kanan), kaki kanan ada di posisi depan (arah jam 3).
  • Nah sekarang sepeda berhenti. Jaga keseimbangan. Tangan dan kaki relax (ini yang susah). Kalo terasa mau rubuh ke kanan, tekan lembut kaki kanan ke bawah. Sepeda jadi agak maju. Sebaliknya, kalo terasa mau rubuh ke kiri, angkat dikit kaki kanannya. Sepeda jadi agak mundur. Gitu aja terus. Untuk pertama-pertama, saya banyak menggunakan rem depan untuk nahan posisi. Lama-lama, ampir ga perlu pake rem tuh.
  • Latihan.. latihan.. latihan..!!

Catatan :

relax! kalo pas berhenti kita jadi belok-belokin handlebar ke kanan dan ke kiri untuk mempertahankan keseimbangan, mending batalin trackstandnya. Muter balik, dan ulangi.

berhasil trackstand

berhasil trackstand

Alhamdulillah, setelah susah payah mencoba, AI bisa sampe setengah menit trackstand. Itupun masih salah-salah karena kurang relax. Tangan dan kaki masih tegang jaga keseimbangan. Jadinya pegel.

Ayo latihan lagi!

PS : Sebenernya ada videonya, tapi belum sempet diedit. Ntar keburu deadline. Hehehe..

@akangichan

Posted in: gowes