Kid, taun kemarin saat memutuskan untuk (kembali) bersepeda, ayah dibingungkan oleh begitu banyaknya pilihan sepeda MTB. Ada fulsus, hardtail, buat XC, buat AM, FR atau Downhill. Yang XC (cross country) suka dibagi2 lagi : XC leisure, XC trail, XC race…
Belum lagi pilihan berbagai macam groupset dengan berbagai tingkatan harga. Sumpah deh. Buat newbie di dunia persepedahan… itu semua bikin pusssiiiiinnnggg….!!
Akhirnya bujet lah yang berbicara. Yaaahh… UUD alias ujung-ujungnya duid laah. Dengan bujet mentok 3jtan, akhirnya yang kudapat adalah Sepeda MTB XC dengan frame United Nucleus, RD n shifter Alivio, Crank Acera, Fork RST Gila Travel 100, pelek Alexrim EN24 dan brakset Tektro IO. Kata yang jual, dan komentar teman2 di dunia maya, dengan spec sepeda seperti itu sudah lumayan untuk XC ringan.
Sekarang… walaupun masih nubie di persepedahan, tapi pengalaman udah lumayan laaah… Sebagian jalur2 jalan setapak di gorontalo udah dilewati, sampe ke Manado, dan Langowan sama2 teman2 MCM.
Bahkan 2 bulan lalu sempat mencicipi trek2 sepedahan seputaran bandung :
– Tanjakan super edun di Palintang
– Mini DH di Palasari 2
– Blasak blusuk seharian ke Palasari 3 – Maribaya – Dago Pakar
– Jalur wajib Warban, tembus ke Caringin Tilu dan Tamiya
– Jalur Gunung Putri – Kebun Teh – villa istana bunga – Cihideung
Hasil pengamatan rame2 sepedahan dengan temen2 yang punya sepeda harga sejutaan sampe puluhan jutaan menghasilkan kesimpulan :
XC / AM / FR : I DON’T CARE !!!
Maap, sayah mah ga gitu setuju dengan pembatasan sepeda A hanya untuk XC, sepeda B bisa sampe AM, sepeda C cuman bisa di jalan aspal.
XC kedua kali di Langowan (dataran tinggi Minahasa) di bulan Februari 2011 diikuti oleh lebih dari 30 pesepeda, salah satunya pake Seli alias Sepeda Lipat!!
Padahal jalurnya lumayan.. tanjalan turunan single trek, makadam, mini DH, sampe trek penuh lumpur.
Apakah sepedanya hancur? Tidak. Sepeda baik2 saja.
Apakah jatuh bangun di lintasan? Tidak.. aman2 aja tuh
Apakah nyaman? Kayaknya nyaman2 aja. Ridernya cengar cengir aja tuh… hehehe..
Malah saya mendapati beberapa penunggang MTB XC dan AM, yang seharusnya lebih mumpuni, tapi keteteran dan jatuh bangun.
Di Bandung pun ga jauh berbeda :
Saat nanjak ke warban, saya ditinggal oleh teman yang pake MTB single speed.
Saat terjatuh di turunan, saya menyalahkan travel fork yang cuman 100, eh.. tapi kemudian teman lewat dengan mulus.. padahal forknya sama2 100..
Teman yang pake sepeda fulsus mahal bertravel lumayan panjang, jungkir balik di turunan, sementara yang pake sepeda hardtail bertravel pendek meluncur dengan sukses.
Di tanjakan ga kuat gowes, di turunan ga berani ngebut. Beberapa teman (hihihi.. maaf buat yang merasa) yang punya sepeda mahal : diklaim ringan, kuat, dan sangat mumpuni di tanjakan dan turunan.
Saat sepedahan malah TTB di tanjakan.. dan TTB juga di turunan… percuma dong sepeda ringannya.. hehehe…
Makanya kalo saat sepedahan si Nucleus ada yang komen : masa cuma pake sepeda murah gitu. Bikin malu aja..
Atau
Saat gowes pake si Adrenaline Agent : travel fork nya kependekan tuh San, masa cuma 100, ganti dong sama yg 130 kayak punya saya. Mantap di turunan (padahal dia di turunan malah TTB.. hihihi)
sekarang udah ga panas, atau ga sakit hati lagi. Paling cuman senyum dan bilang, “ah sepeda gini juga cukup kok… yang penting kan hepi”
Ya, buat saya, sepedahan bukan tentang fork panjang dan mahal, fulsus anti bobbing, grupset seharga motor, XC, FR, AM, atau DH.
Sepedahan adalah tentang petualangan, menikmati indahnya alam Indonesia, mentertawakan (dan ditertawakan) saat nyusruk di semak2, saling menyemangati di tanjakan, dan tentu saja, foto2 narsis setelah melewati medan sulit.
Jadi.. buat yang yang baru mau beli sepeda, ga usah terlalu bingung, sesuaikan saja dengan bujet, dan segera gowes… gowes… dan gowes…
Ga usah dulu mikir upgrade… upgrade… dan upgrade…
Gorontalo… Di pagi yang hujan yang bikin gagal sepedahan..
Insan
milis
3 January, 2012
setuju 100%, yang di perlukan dengkulnya dan nyalinya jadi XTR :-p
Insan - Kinan
4 January, 2012
dan skill.. ^_^
poetoet
2 March, 2012
kata seorang kawan : yang penting sepedahannya bukan sepedanya
Insan - Kinan
4 March, 2012
Setuju…
syuaraa
19 April, 2012
Bos,…copas artikelnya yah… ntar di kasih link kemari dah,…thx
Insan - Kinan
20 April, 2012
Alhamdulillah kalo bermanfaat.. ^_^
prasetia21
25 April, 2012
“Saat gowes pake si Adrenaline Agent : travel fork nya kependekan tuh San, masa cuma 100, ganti dong sama yg 130 kayak punya saya. Mantap di turunan (padahal dia di turunan malah TTB.. hihihi)”……asli ngakak….. gimana kalo turunannya di sembalun ya kang, berapa km mau ttb nya….wakakakakak
Insan - Kinan
28 April, 2012
Hahaha.. Ya gitu deh golongan yg lebih hobi ngebahas sepeda daripada sepedaannya… ^_^
Hayo gowesss!!!!
adi
8 November, 2012
kayanya cukup menginspirasi bagi yang mau rakit speda seperti saya
adi
8 November, 2012
hidup bersepeda
richy hidayat
21 November, 2012
Klik http://kgcmtb.wordpress.com/
Di jamin seru
collosus kliwon
22 November, 2012
bagaimanapun juga type jenis sepeda yang kita kendarai haruslah sesuai dengan penggunaan !! ulasan anda diatas menurut ane itu hanyalah kata-kata putus asa penghibur diri…. (karena duit terbatas.., tul nggak ?) peace…….. !!
Insan - Kinan
23 November, 2012
Yap betul sekali oom.. Sy cm orang miskin dengan duit terbatas yang maksain diri nanjak pake sepeda travel 160 -180 murahan… Hehehe…
Lagian ini sepeda saya.. Mau dipake nanjak atau mudun ya gimana saya dong… Emangnya ada larangan ya?
Rage Brownis
25 February, 2016
Ane rasa bukan begitu gan….duit sebanyak apapun u beli sepeda tetap aja nyampenya sama. Sesepedahan yang dibawa adalah motivasi u sehat…happy…..kebersamaan..bukan harga diri karena bawa sepeda “mahal”..
Kalau semua pada berpikiran begitu…kasihan rakyat kita yg punya yang terbatas jadi minder sesepedahan gara gara disindir melulu ama yg punya sepeda “mahal”….
Mestinya dukung tuh……gimana sih…
akangichan
25 February, 2016
memang perlu latihan agar ga minder sepedahan sama yang mahalan 😀
adi
4 December, 2012
skill & nyali tetap nomor 1 om
kakang_ii
4 December, 2012
setujuuuu…. yg penting sepedaannya.. masalah upgrade ga usah terlalu jd priorotas, toh dengan bertambahnya jam terbang (eh jam gowes) kita juga bisa nerasaain mana yg perlu/ga perlu di upgrade… dan itu BUKAN KATA-KATA PUTUS ASA PENGHIBUR DIRI!!
Andry
23 December, 2012
saya sangat setuju sama collosus kliwon, dahulu ketika saya memulai bersepeda saya memakai sepeda hardtail dengan fork travel 100, nyaman sekali dipakai diroad jalanan aspal, ringan, lincah dan efesien dikayuhan. nah…, ceritanya berubah 180 derajat ketika saya mulai demen ajrut-ajrutan di track offroad, waduuhh…, jauh lebih aman & nyaman sepeda fulsus gan, perbedaan type MTB sangatlah signifikan ditrack ini, XC – Trail – AM – FR, tergantung medan track yang bakal kita libas. SAFETY FIRST gan…!! ini semata-mata bukan karena uang, tapi keamanan & kenyamanan, hati-hati jika sepeda mtb anda bukan pada peruntukannya janganlah dipaksakan, semisal sepeda mtbnya hanyalah hardtail cukup dipakai di road aspal + offroad ringan (max track XC-lah), begitupula sebaliknya, jika rute gowesnya jalanan aspal (semisal funbike) ya konyol juga kalau agan mau pake sepeda FR atau DH, dipakai jalan 5 km tanjakan aspal bakal ngos-ngosan deh…, salam satu pedal gan !!
Insan - Kinan
23 December, 2012
Makasih komen nya oom andry.
Saya banyak nemuin orang2 yg jadi ga gowes saat dibilang, “ini trek nya AM lho”
Padahal apa bener2 trek nya AM? Kadang kita juga suka agak lebai, trek disebut AM, pas dicoba, cm ada drop 10-20cm, dengan kemiringan biasa aja.
Saya kadang suka bengong2 sendiri kalo liat trek2 yg disebut XC sm orang2 luar.
Ah ini cuman tulisan ga jelas dari nubie yg lebih suka meningkatkan skill sepedaan dibanding meningkatkan skill sepedanya (upgrade).
Cmiiw yaaa… Keep gowes
tukang gowes amatir
23 February, 2013
komen collosus kliwon terlalu apatis…..sedangkan komen Andry masih cukup masuk akal meski tidak akurat.
Mau ikutan urun rembug nih kang…..
IMHO…..pengkotak-kotakan klasifikasi sepeda seperti yang kang Insan sampaikan memang terkadang bikin orang bingung. Ditambah lagi dengan kriteria medan/trek yang sering kali tidak sesuai dengan kelasnya membuat semakin bingung lagi.
Jalur AM tapi malah sebenarnya XC dan lain sebagainya, ditambah kurangnya skil dan nyali alhasil nilai “fun” dari sepedahan menjadi hilang !
Lain halnya bila bicara soal lomba…lah wong cuman buat fun aja kalau masih terlalu banyak mikir soal teori dan klasifikasi lah ya percuma !
Padahal kalau mau bicara secara tuntas, klasifikasi itu bukan cuman soal frame sepedanya doank.
Banyak aspek lain yang mempengaruhinya, contohnya ; tipe kembangan ban, skill gowesan, nyali, persiapan fisik dan mental serta penguasaan medan.
Percuma aja punya sepeda bagus tapi gak punya skill yang baik dan benar. Ujung-ujungnya malah TTB juga.
Kembali lagi kekita, mau ngotot masalah teori atau having fun ??
Salam gowes !!
ari
16 April, 2013
ya bagus lah nih tulisan, biar yg punya buget minim jgn terlalu ngotot buat upgrade yg cuma jadi adu gengsi doang bukan fun,
no bike no thrash
Insan - Kinan
16 April, 2013
makasih oom,
iya sekarang udah ga banyak mikir upgrade2 lagi. Menikmati yang ada sambil berusaha meningkatkan skill… ^_^
syafujirbx
1 December, 2013
Jadi lega nech hati rasanya….. Pass dngan kantong anee… 100 % setuju dach….
hendri krismanti
11 February, 2014
yang penting gowesnya bro perkara spek spedanya itu mah belakangan yang penting nikmatnya gowes tu yg mantap. slm gowes
Insan - Kinan
15 February, 2014
setuju…
jangan lupa safety first. Ga maksain diri sendiri.. dan ga maksa sepedanya ^_^
Leon
31 August, 2014
Setuju ! XC/AM/FR I don’t care
KinRao
17 March, 2015
Ulasan lama tapi sangat bermanfaat bagi saya yang newbie….semua komentar gag ada yang salah kok,mas kliwon sama mas andry jg betul…tapi saya lebih setuju sama sama yg posting…yang penting skill dan have funnya… 🙂
Haris Prasetyo
25 March, 2015
saya gak ngerti jenis sepeda 😐 … yang penting suka spedaan 😐 … belinya aja dignity di lazada 😐 … tapi setelah baca artikel ini, hanya satu yang bikin saya mantap… ternyata gak dosa kalau mikir penting sepedaannya bukan sepeda nya ! 😀 … semangat dan sukses kang… salam 😀
akangichan
26 March, 2015
semangat gowes!!!
Adil
13 June, 2015
Saya dulu pake BMX buat sehari-hari & segala medan…hasilnya happy 🙂
,sekarang pake Thrill 4x buat sehari-hari & segala medan…hasilnya happy 🙂 juga hehehehe…
pokoknya hasrat gowes tersalurkan 🙂
akangichan
16 June, 2015
setujuuu… happy gowes om ^_^
tjetjep
29 August, 2015
Setuju sekali om, type sepeda gak jadi acuan, mau XC, AM, FR, atau DH, karena kalo udah gowes ke jalan pedesaan, pegunungan atau perkebunan sama ajrut ajrutan, yang terpenting bukan gimana sepedanya tapi keahlian ridernya, kalo ridernya jago, apapun sepedanya pasti dia bakalan jago juga nguasain treknya, yang terpenting safety riding nya aja om.
Salam Satu Jalur dan Salam Dua Dengkul 😀
Host
31 August, 2015
Newbie ikut spekulasi
Dari kemaren2 pengen beli sepeda bingung, sebenarnya cuman mau beli yg segala medan cuman ga berat2 amat, yang penting masih nyaman buat aspal dan terjal
dari sekian web yg ane baca trus baca ni web akhirnya nemu jg kesimpulan mau beli yg gmn, sebelumnya mau hunting Xcross yg OK buat AM, tapi ngeliat standar harga dgn label segitu harus olah pikir buat ane yang bujang pengen gowes tapi mikir calon bini jg wkwkw
akhirnya setelah dipikir2 kembali beli hardtail yg agak berkelas gak cere jg yg penting kegunaan dan cara penggunaan aja setuju dengan yg punya rumah om kinan
cuman berlaku buat dari hardtail Xcross ke AM masih sanggup sih tapi klo udah menginjak Xcross lompat ke FR arau DH ya garuk2 kepala juga sih hhehe ga mungkin jg kan sepeda XC Buat turunin jurang dan sepeda DH buat Balapan dijalan aspal wwkwkwk
Yang penting pesan dari Om kinan gowes yang penting happy dan tau diri jenis lintasan yg bener2 hard dan kesiapan ridernya, kita kan mau gowes bukan sales part sepeda wkwkw mau happy bukan GowesWalk (catwalk) wkwkwkapasih
Persoalannya sama di setiap lini hoby, sapa yang paling mahal paling oke, padahal ga juga heheh misal kaos bagus tapi warna putih doang tulisan pake font arial doang ya B*go yg beli
Peace ya salam gowes!!! OffRoad X Awsm
akangichan
31 August, 2015
alhamdulillah kalo sudah bisa memutuskan om.. semoga gowesnya barakah.. ^_^
memang tampaknya mustahil punya sepeda yang bisa bener-bener memuaskan disegala kondisi..
tinggal kitanya aja pandai-pandai berkompromi dengan keinginan diri dan keterbatasan dompet.. xixixixi…
Host
2 September, 2015
sekalian nanya beda signifikan frame steel dan hiten apa ya ? sama2 besi dan berat gt?
kalau buat trail yg lumayan anjrut2an mendingan besi atau alumunium heheh mau ambil alloy tapi kalau gampang ancur kan sayang juga barang mahal
makasih pencerahannya 😀
akangichan
7 September, 2015
definisi lumayan ajrut2an gimana ya?
sepeda DJ banyak juga yang frame nya hiten, sepeda FR / downhill juga banyak yang dari aluminium.
Saya kira sih selama dipakai sesuai peruntukannya insya Allah baik-baik saja. Kalo rusak / ancur sih itu resiko barang dipake 🙂
popaye
20 October, 2015
om postingan keren..ane setuju abizz
apapun jenis medannya dan apapun jenis sepedanya intinya satu adalah prosesnya…bukan berarti kalo pas tanjakan dengan sepeda bagus dan mahal kita bisa duluan sampai atas begitupun dengan turunan tetapi bagaimana dengan segala medan dan sgala jenis sepedanya kita bisa menikmati proses kesenangan bersepeda ..(terlepas dari mampu tidaknya kita membeli sepeda mahal atau tidak,itu kan tergantung dari kemampuan masing2 )..tapi yang pasti kesenangannya akan menjadi milik kita bersama (baik yang punya sepeda mahal ataupun murah) …
salam gowes …
GOMEG
17 December, 2015
Mantabbbb…..Ane setuju bgt ama nih postingan.yg penting sepedaannya bukan sepedanya.kita mau ngelintas jalur offroad seperti apapun, nyali dan skill yg utama.sepeda no 2.pengalaman ane pengguna hardtail, ngelintas track JPG & JPB ane lakonin tiap minggu ga ada masalah.ke trek Cihuni atau NURA, KTHOG di puncak dan cikole wates di lembang asik-asik aja. Tetangga ane yg umurnya udah 50 pake hardtail pula yg lebih jadul dari ane sering gowes bareng same ane ke trak offroad hapy-hapy aja tuh. Memang kalo kita sudah jajal trak tersebut kepikiran juga punya sepeda fullsus.tapi kalo budjet belom mumpuni ga usah dipaksakan.yg penting hapy bisa gowes, ngumpul bareng setelah gowes di warung sambil nikmatin teh jahe….ehmmm mantab. Salam gowes brow.
dwi sukma saputra
2 January, 2016
‥… diantara kerasnya debat perbedaan mazhab, dan sengitnya perbedaan fikrah‥… tulisan ini sungguh menyejukkan.
akangichan
3 January, 2016
lebih sejuk lagi kalo gowesnya di gunung om 😀
Atta
4 January, 2016
Artikelnya sangat menyemangati, setelah membaca ini saya yakin 100% bakal banyak org yg bersepeda ria tanpa memikirkan type2 khusus atau ‘memaksakan’ bersepeda dgn biaya yg mahal, yg penting hati happy dan sehat.. two thumbs up deh buat artikel ini
akangichan
4 January, 2016
makasih oom. semoga tambah banyak yang gowes.. dan ga mudah keracunan sepeda-sepeda mahal.. hehehehe
Embazz
20 January, 2016
Super skali om… intinya yah pandai2 bersyukur… hee
akangichan
21 January, 2016
pandai bersyukur, tau kemampuan diri, dan tau kemampuan sepeda
Havefun
19 February, 2016
Setuju om,, ane gak niat jadi atlet speda, yang penting gowes saat waktu senggang. Salam gowes
akangichan
22 February, 2016
salam gowes juga om 🙂
Heroe
14 January, 2017
Mantap om. Betul banget..yg newbie malah keder n bingung .. yg penting gowes n keringet. Sama2 tenaga dari air n makanan.. pekuat2 dengkul yg pasti
akangichan
19 April, 2017
sama perkuat nafas.. hahahaha
Pindana
4 June, 2018
Pencerahan nih buat pemula seperti saya…hehe