RR Review – P200NS Long Ride To East : Bandung – Jambore Nasional Prides ke 5 di Purwakarta – Malang – Kawah Ijen – Bali – Lombok

Posted on 7 November, 2013

33



RR Review P200NS Bandung - Lombok dalam rangka Jamnas Prides ke 5

RR Review P200NS Bandung – Lombok dalam rangka Jamnas Prides ke 5

Rute :

Trip 1, Sabtu 2 November 2013 : Ready To Start

(silakan klik link diatas atau foto di samping untuk liat RR nya) Jarak tempuh : 94,7 km. Start : 16.00 Finish : 18.15 Durasi : 2 jam 15 menit Rute : Bandung- Purwakarta via Dago Bengkok-Lembang-Wanayasa.

Trip 2, Minggu 3 November 2013 (Purwakarta – Malang ):

(silakan klik link diatas atau foto di samping untuk liat RR nya)Trip 2 Jarak Tempuh : 813,7 km. Start : 06.00 Finish : 05.30 Durasi : 23 jam 30 menit Rute : Purwakarta – Batu (Malang). Via Subang-Pamanukan-Palimanan-Cirebon-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Kendal-Semarang-Salatiga-Boyolali-Surakarta-Sragen-Ngawi-Jombang-Batu.

Trip 3, Senin 4 November 2013 (Batu Malang – Jember) :

(silakan klik link diatas untuk lihat RR nya)

Jarak tempuh : 308.3km. Start : 12.30 Finish : 21.30 Durasi : 9 jam Rute : Batu – Jember. Via Malang-Dampit-Lumajang-Jember

Trip 4, Selasa 5 November 2013 (Jember – Ijen – Bali – Lombok) :

Jarak Tempuh : 249.4km. Start : 06.00 WIB Finish : 01.30 WITA Durasi : 18 jam 30 menit Rute :Jember-Padang Bai (Bali). Via Bondowoso-Kawah Ijen-Banyuwangi-Ketapang-Gilimanuk-Singaraja-Jalur alternative ke Bedugul lewat Danau Buyan dan Danau Beratan-Denpasar-Jalur Bypass-Padang Bai.

(RR Perjalanan ke Kawah Ijen bisa dibaca disini.

RR Di Kawah Ijen sampe ke Pelabuhan Padang Bai bisa dibaca disini)

Trip 5, Rabu 6 November 2013 :

Jarak Tempuh : 38km. Start : 08.30 Finish : 09.15 Durasi : 45 menit saja Rute : Pelabuhan Lembar-Mataram-Rumah. Langsung ngantor T.T

Total Trip 1504.1 km

Total time : Saptu sore – Rabu pagi, ya 4 hari 4 malam lah kira-kira.

Bahan Bakar

Beberapa kali isi bensin dari kondisi mesin brebet dan dipindah ke RES, pengisian selalu di kisaran 10 literan.

  1. Start dari Bandung, tangki terisi pertamax fulltank dan sudah terpakai 60an km. Jadi kira-kira sudah berkurang 2liter (estimasi tangki terisi 8 liter)
  2. Di pom bensin indramayu. Diisi fulltank lagi. 10,1 liter premium. Ditambah norival aggressor 20 tetes. Selanjutnya, setiap isi premium selalu ditambahkan 2 tetes per 1 liter.
  3. Di daerah Ungaran isi 50ribu premium (7.7 liter)
  4. Di Daerah Jombang isi lagi 30ribu premium (4.6 liter)
  5. Di Malang isi lagi 30ribu premium (4.6 liter)
  6. Di Banyuwangi isi 50ribu premium (7.7 liter)

Total pengisian bahan bakar : 42.7 liter

Fuel meter masih ada 2 strip. Coba diisi fulltank besok ah.

Asumsi :

Bila diisi fulltank dapet 5 liter, maka FC = 1504.1 / (42.7-5) = 40an km/liter. Cmiiw yaa… matematika ane merah terus nih. Kalau erornya 5km/liter, masih dapet 35km/liter. Lumayan laah.

Pertamax vs Premium + Norival Aggresor

Saya sih ga merasakan perubahan pada mesin saat memakai kedua bahan bakar ini. Speed, akselerasi, terasa sama saja. Jadi bisa dibilang lumayan pake Premium + Norival Aggresor. Serasa pake Pertamax. Apalagi saat turing, belum tentu di pom bensin yang kita datengin ada pertamax. Masa dorong motor sampe pom bensin selanjutnya? Hahaha… Tapi kalo lagi punya uang dan ada pertamaxnya sih, saya akan pake pertamax aja kayaknya. Kenapa?? mmm.. kalo dijawab jujur serius dan panjang lebar kayaknya bisa bikin rame. Saya jawab singkat aja : motor gue suka-suka gue dong mau diisiin bahan bakar apa.. hahaha..🙂

Cara bawa motor :

  1. Trip 1.santai. Bandung macet. Selepas lembang top speed palingan cuman 80 kpj.
  2. Trip 2. Full Speed Ahead! Pantura enak banget buat geber2an. Disini dapet 115kpj (on speedo) atau 114kpj (on GPS) di gigi 6. Jalur Surakarta – Jombang juga geber-geberan selap-selip nyusul bus / truk. Kerasa boros nih bensin.
  3. Trip 3 sampe trip 5 mah relative santai. Top speed cuman 80an kpj karena dari sini jalan berdua temen yang ga suka ngebut, plus fisik kecapean di trip 2. Bensin terasa irit disini . Ngebut cuman di jalur bypass Denpasar-Padang Bai aja. Itupun ga lebih dari 105 kpj karena kondisi jalan yang gelap dan fisik yang cape.

Handling :

Di jalan lurus dan kecepatan diatas 100 agak goyang. Yang paling terasa terpaan anginnya kenceng banget ke badan dan helm. Harus nunduk nempel ke tangki baru agak enakan. Di jalan-jalan berkelok antara Malang-Lumajang-Jember enak banget tuh. Nikung ga pake gejala ngebuang atau goyang. Counter steering di tikungan S tajam juga enak banget. Masih bisa ngikutin motor-motor matik penduduk setempat yang doyan kebut2an. Sempet di jalan lurus dan kecepatan 80an ban ngelindes batu lumayan gede. Stang cuman goyang dikid aja. Kejadian yang sama beberapa taun yang lalu di motor yang berbeda mengakibatkan saya jatuh ndlosor…

Pengereman juga enak.

Di Trip 1 dan 2, saya cuma pake telunjuk untuk rem depan. Cukup banget buat mengendalikan laju motor. Di trip selanjutnya, jari telunjuknya pegel. Jadi pengereman dipercayakan pada jari tengah dan jari manis. Gejala ndlosor hanya sekali dialami saat panic brake di turunan… ban belakang ngunci dan agak geal geol. Ini mah kayaknya karena saya masih belum terbiasa dengan rem cakram belakang, dan kondisi jalan yang menurun tajam.

Power

Buat over taking kendaraan di pantura ga pernah ada masalah. Akselerasi di kecepatan 90an masih enak. Cukup banget lah buat saya. Di rpm rendah pun tenaganya enak. Kalo ada yang pernah coba jalur alternatif dari utara bali ke bedugul via danau Buyan dan Beratan pasti tau gimana curam dan tajamnya tikungan-tikungan disana. Temen yang pake new scorpio (umurnya sama dengan NS), kadang terpaksa gigi 1 plus tahan ½ kopling di tikungan tanjakan parah. NS cukup gigi 1 atau gigi 2 saja tanpa mainin kopling. Enteeeng.

Kenyamanan

Nah ini dia masalahnya si NS. Saya pake PZOO selama 5 tahun, dan pindah ke NS lumayan kaget juga. Kopling keras, posisi stang yang lebih menunduk, posisi kaki yang jinjit saat menapak dan sokbreker yang keras bikin saya cepet merasa pegal dan merasa capek pake NS. Kalo untuk jalan jauh, kayaknya saya masih lebih pilih pake PZOO atau PZZO dah. Apalagi umur udah ga muda lagi.. hiks. Tapi yang patut diacungi jempol adalah getaran mesin yang minim. Bahkan lebih minim dari PZOO saya. Sempet nyobain pio temen dan lumayan keenakan dengan mesinnya yang menggetarkan biji… hahahaha.. Enaknya lagi, jok si NS ini lebar dan empuk. Pas buat nempel di pantat saya. Enak buat duduk berlama-lama di jalan lurus, dan enak buat geser2 pantat saat nikung. Jok NS ini buat saya lebih nyaman daripada jok nya PZOO atau tiger lama yang pernah saya miliki dulu. Biar enak jalan jauh pake si NS, tinggal tinggiin stang dan bikin kopling jadi ringan. Saya iri banget sama kopling nya pio yang riiiinnggaaan banget.  

Accident :

Zero! Alhamdulillah. Masalah hanya di dudukan plat nomer depan yang goyangannya kelewat keras sehingga menggesek spakbor depan. Maklum dudukan plat nomer variasi. Akhirnya dengan beberapa cable ties, masalah teratasi.

 

 Akurasi Speedometer :

Saya pake garmin etrex 30 sebagai penunjuk jalan. Saat mencapai kecepatan 115 kpj di pantura (kecepatan tertinggi selama perjalanan) GPS mencatat top speed 114 kpj. Sepanjang perjalanan, berkali-kali saya membandingkan speed on speedo dengan speed on gps (saat kecepatan stabil ya), dan perbedaannya hanya 0.1-0.3 kpj saja. Jadi bisa dibilang, speedo PNS ini akurat. Mungkin hal ini juga dipengaruhi oleh penggantian roda depan yang lebih besar (dari 100/70 ke 110/70). Selisih keliling roda nya berapa ya? Ada yang bisa bantu ngitung?

Spesifikasi Motor

  • Pulsar 200 NS kuning
  • HG Acerbis KW
  • Ban depan : FDR Sport XR Evo 110/70-17 + nitrogen
  • Ban belakang : Zeneos ZN62 150/60-17 + nitrogen
  • Rear shock digeser posisinya 4 klik ke kiri
  • Spakbor belakang ditambah pake map plastic yang dipotong suka-suka dan diiket cable ties
  • Fuel : pertamanya pake Pertamax, selanjutnya pake premium + norival aggresor yang dikasih om nova. Thanks ya oom!

Spesifikasi Rider

  • Tinggi 169cm, jinjit lumayan. (oya, selain tinggi, yang mempengaruhi jinjit atau engga nya saat pake NS adalah inseam. (panjang dari bagian dalam kaki (selangkangan) sampe telapak kaki). Tinggi badan boleh sama, tapi inseam bisa berbeda. Untuk yang mendalami dunia pergowesan biasanya sih udah ngerti soal inseam ini…
  • Berat 80kg
  • Tangan kanan lebih panjang dari tangan kiri kira2 2cm. Ini yang bikin tangan kanan lebih cepet pegel saat pake NS
  • Ngantukan. Kalo udah 2-3jam riding pengennya melipir ke mesjid terdekat untuk bobo
  • Ga suka buka gas mendadak. Lebih suka ngurut gas.
  • Ga panasan walau di sepanjang jalan banyak rider local yang ngajak ngebut. Saya malah lebih suka ngekorin yang ngebut. Lumayan ada yang bukain jalan. Menghemat tenaga dan konsentrasi

 Kesimpulan :

Ah simpulin sendiri aja daaah.. RR nya on progress… cape nya masih belon ilang nih! sambil nunggu silakan sumbangkan cendolnya yaa..😀

Posted in: adventure, biker